Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata dan Pendakian Gunung Gede Pangrango Wilayah Sukabumi Ditutup

Kompas.com - 19/05/2021, 13:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat, memutuskan untuk menutup seluruh kegiatan wisata dan pendakian di wilayah Sukabumi pada 18-23 Mei 2021.

Hal tersebut diumumkan oleh pihak Balai Besar TNGGP melalui sebuah pengumuman dalam akun Instagram resmi mereka, @bbtn_gn_gedepangrango, yang diunggah pada Selasa (18/5/2021).

Baca juga: 6 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango yang Terlihat dari Kemayoran

“Kegiatan wisata dan berkemah di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Bidang PTN Wilayah II Sukabumi @bidang_sukabumi_tnggp (Selabintana, Situgunung dan Cimungkad) ditutup sementara untuk umum,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan di akun Instagram tersebut.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (19/5/2021), penutupan dilakukan guna mengurangi penularan Covid-19.

Adapun, penutupan berdasarkan Surat Edaran (SE) Balai Besar TNGGP 762/BBTNGGP/Tek.2/05/2021 tentang Penutupan Sementara Wisata di Wilayah Sukabumi (Selabintana, Situgunung, Cimungkad).

SE tersebut merupakan tindaklanjut dari SE Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Nomor 556/660/Ind perihal Penutupan Sementara.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di TN Gunung Gede Pangrango, Apa Saja?

Danau Situ Gunung di kawasan wisata alam Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sukabumi.dok. Situgunungbridge.com Danau Situ Gunung di kawasan wisata alam Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sukabumi.

Sama dengan SE Balai Besar TNGGP, SE Kepala Dinas Pariwisata juga merupakan tindaklanjut dari imbauan Bupati Sukabumi terkait akumulasi hasil pemantauan dan evaluasi pada hari ilbur pasca-Idul Fitri.

Lebih lanjut, hasil pemantauan dan evaluasi yang dilakukan pada titik-titik daya tarik wisata, kawasan pariwisata, hiburan, dan rekreasi menemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan dan tidak terkendalinya tingkat kunjungan wisatawan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan pada seluruh camat dan pengelola usaha pariwisata di wilayah administratif Kabupaten Sukabumi untuk berkoordinasi dan menutup sementara kegiatan kepariwisataan yang dapat menimbulkan kerumunan massa terhitung mulai tanggal 18-23 Mei 2021,” kata SE tersebut.

Adapun, wilayah yang dikhususkan untuk menutup sementara kegiatan kepariwisataan adalah khususnya di Kecamatan Cidahu, Kecamatan Nagrak, dan Kecamatan Parakansalak.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Gede Pangrango, Ada Little Venice

Kemudian Kecamatan Bojong Genteng, Kecamatan Kadudampit, Kecamatan Sukabumi, dan Kecamatan Cikidang.

Meski kegiatan wisata dan pendakian TNGGP di wilayah Sukabumi ditutup, namun untuk wilayah lain saat ini masih dibuka. Misalnya pendakian Gunung Gede via Gunung Putri dan Cibodas.

“Betul kak tetap dibuka,” kata akun Instagram @bbtn_gn_gedepangrango saat menjawab pertanyaan dari @wildan.fk tentang pendakian dari dua jalur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com