Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 6 Bulan Tutup, Musee d'Orsay Siap Sambut Wisatawan Lagi

Kompas.com - 19/05/2021, 19:38 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Musee d'Orsay di Paris, Prancis, mulai melakukan persiapan pembukaan kembali setelah sempat ditutup selama enam bulan lantaran pandemi Covid-19 yang semakin memburuk.

Melansir dari Reuters.com pada hari Senin (17/5/2021), terlihat kesibukan di museum yang terletak di tepi Sungai Seine itu.

Baca juga: 3 Kota Termahal di Dunia Selama Pandemi Covid-19, Paris Urutan ke-1

Para staf museum tampak memindahkan berbagai karya seni ke galeri umum. Mereka membuka penutup pelindung dari kotak kaca yang berisikan barang-barang antik.

Para pekerja di sana pun mulai memajang kembali berbagai lukisan yang sebelumnya disimpan selama aturan lockdown diberlakukan, untuk melindunginya dari pengaruh debu dan sinar matahari.

Baca juga: Perancis, Negara Pertama di Eropa yang Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

Salah satunya yaitu lukisan karya Renoir yang merupakan salah satu dari banyaknya benda seni di museum tersebut yang tak ternilai harganya.

Lukisan karya seniman impresionis Pierre-Auguste Renoir merupakan karya tahun 1887 yang menggambarkan seorang gadis yang sedang memegang kucing.

Musee d'Orsay di ParisDok. UNSPLASH.com Musee d'Orsay di Paris

Kini, semua lukisan akan dipajang kembali dan museum siap dibuka pada hari Rabu waktu setempat.

"Kami membuka kantor tiket beberapa hari yang lalu dan tampaknya masyarakat benar-benar ingin kembali berkunjung. Dan lebih baik lagi, karena kami merindukan mereka," kata Direktur Museum Musee d'Orsay Laurence Des Cars kepada Reuters. 

Baca juga: Perancis Akan Sambut Turis Asing yang Sudah Vaksinasi Covid-19

"Misi kami adalah untuk menyambut masyarakat dan menawarkan kontak langsung, sebaik-baiknya, dengan karya seni setelah berbulan-bulan menggunakan komputer," tambah dia.

Seperti dilansir dari Hindustantimes.com, Pemerintah Prancis menutup museum dan tempat budaya lainnya pada akhir Oktober untuk menekan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Gara-gara Covid-19, Jumlah Kunjungan Museum Louvre Perancis Anjlok

Namun setelah tingkat kasus virus Covid-19 di negaranya sudah menurun, saat ini museum tersebut sudah bisa dibuka kembali dengan pembatasan pengunjung.

Sebelum masa pandemi Covid-19, biasanya Musee d'Orsay dapat dikunjungi sekita 15.000 wisatawan setiap hari. Kini, jumlah tersebut akan dibatasi menjadi 5.000 wisatawan agar mereka dapat saling menjaga jarak di kawasan museum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com