Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Danau Kelimutu Menyusut Sekitar Lima Meter Satu Tahun Ini

Kompas.com - 25/05/2021, 11:11 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com – Air di salah satu kawah di Danau Tiga Warna Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami penyusutan.

Fenomena menyusutnya air di salah satu kawah danau Kelimutu itu terjadi sekitar satu tahun terakhir. Airnya mengalami penyusutan sekitar lima meter.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Agus Sitepu membenarkan fenomena menyusutnya air di salah satu kawah danau yang bernama Atambupu.

“Telah terjadi sekitar setahun terakhir. Kami telah berkoordinasi dengan pos pemantauan Gunung Api Kelimutu untuk pengkajian,” kata Agus kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Taman Nasional Kelimutu Ditutup Sementara Selama Libur Idul Fitri

Pihaknya pun belum mengetahui penyebab menyusutnya air di salah satu kawah danau Kelimutu itu.

Dirinya berharap pos pemantauan gunung api segera melakukan pengkajian terhadap fenomena itu agar penyebabnya bisa diketahui.

Danau yang berubah warna

Danau Kelimutu sendiri merupakan tempat wisata andalan di Kabupaten Ende, NTT karena keindahan pemandangan dan keunikannya.

Danau yang ada di Puncak Gunung Kelimutu ini unik karena memiliki tiga warna seperti namanya, yakni Danau Tiga Warna. 

Warna air danau pun berubah seiring waktu. Saat ini, warna air Danau Kelimutu adalah hijau, putih, dan merah.

Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS.com/DOKUMEN BALAI TAMAN NASIONAL KELIMUTU Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Adapun, dilansir dari Kompas.com, Minggu (12/7/2020), perubahan warna air Danau Kelimutu memiliki jadwal.

Menurut Agus, biasanya perubahan warna air danau terjadi pada Februari–Maret. Namun pada saat itu, air danau Tiwu Ata Polo berubah warna pada Desember 2018 dari hijau toska ke hijau tua atau daun. Bahkan, selama beberapa hari menjadi hijau dominan kecoklatan.

Baca juga: Liburan ke TN Kelimutu, Jangan Lupa Mampir di Kafe Pinggir Sawah Ini

 

Perubahan warna umumnya terjadi karena perubahan aktivitas vulkanik, geologi, dan faktor luar, seperti hujan atau matahari yang memengaruhi komposisi kandungan air.

Perubahan warna Danau Kelimutu tercatat sudah terjadi sebanyak 44 kali pada 1915–2011. Danau Tiwu Ata Polo adalah danau yang paling sering mengalami perubahan warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com