Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Terbaru Edvard Munch Norwegia Akan Dibuka Oktober 2021

Kompas.com - 29/05/2021, 08:08 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Munch, sebuah museum yang didekasikan untuk pelukis Norwegia ternama Edvard Munch, akan dibuka untuk para wisatawan pada tanggal 22 Oktober 2021.

Terletak di Kota Oslo, Norwegia, museum tersebut diramalkan akan menjadi salah satu destinasi wisata terbesar di kota itu.

Baca juga: Norwegia Dikenal Punya Durasi Puasa Terlama, Ternyata Ada yang Puasa 13-14 Jam Saja, Kenapa?

Melansir dari Forbes.com, pembukaan museum ini terhitung 18 bulan lebih lama dari rencana sebelumnya. Namun, hal itu diharapkan dapat membantu mempercepat proses pemulihan pascapandemi Covid-19 di Oslo.

Sebagai informasi, berdasarkan situs resmi Museum Munch, Edvard Munch adalah seniman yang aktif lebih dari 60 tahun dan merupakan pionir dari seni ekspresionis sejak tahun 1900-an. Salah satu karyanya yang mendunia adalah beberapa lukisan The Scream yang kerap dijadikan simbol kegelisahan

Museum Munch yang baru

Museum MunchDok. MUNCH/Guttorm Stilen Johansen Museum Munch

Ketika Munch meninggal pada tahun 1944, seluruh karyanya diwariskan ke Kota Oslo. Menurut laman Museum Munch, warisannya cukup beragam, termasuk lebih dari 28.000 karya seni, surat, foto, dan barang pribadi lainnya. 

Sekitar 77 tahun kemudian, kota tersebut akhirnya memiliki museum yang cukup besar untuk menyimpan dan memajang seluruh koleksi pelukis kelahiran tahun 1863 itu. 

Baca juga: Norwegia Dikenal Punya Durasi Puasa Terlama, Ternyata Ada yang Puasa 13-14 Jam Saja, Kenapa?

“Munch memberikan hadiah yang sangat berarti untuk Oslo. Kami akan secepatnya membagikan hadiah ini dengan seluruh dunia dalam kerangka yang benar-benar sesuai dengan keadilan seni Munch," kata Pemimpin Dewan Kota Oslo Raymond Johansen kepada Forbes.com.

Sebelumnya, Museum Munch yang lama berlokasi di Tøyen, sebuah daerah pemukiman yang terletak di pinggiran dan jauh dari museum serta atraksi lainnya.

Sementara, Museum Munch yang terbaru terletak di pusat Kota Oslo. Museum dengan 13 lantai ini akan menyimpan ribuan koleksi lukisan Munch.

Pembukaan ditunda selama 18 bulan

Pada awalnya, museum ini akan dibuka pada musim semi tahun 2020. Tetapi, rencana tersebut harus ditunda lantaran ada permasalahan teknis. 

Tidak lama kemudian, pembatasan terkait pandemi Covid-19 pun kembali diperketat dan sejak saat itu museum harus menunggu selama 12 bulan.

Baca juga: 4 Hal Inspirasi Film Frozen 2, dari Norwegia sampai Suku Sami

Adapun, salah satu pameran unggulan dalam program pembukaan museum adalah pameran Nordik pertama dari seniman kontemporer Inggris Tracey Emin. Mulai 22 Oktober 2021 hingga 2 Januari 2022, dua lantai dari gedung museum yang baru akan didedikasikan untuk pameran tersebut. 

Dorongan untuk Oslo

Museum MunchDok. MUNCH/Guttorm Stilen Johansen Museum Munch

Pengumuman resmi tentang tanggal pembukaan museum terbaru Munch ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata Oslo.

Baca juga: Destinasi yang Sedang Hit di Kalangan Turis Indonesia: Norwegia!

Pasalnya, Kota Oslo telah menjalani pembatasan perjalanan selama lebih dari setahun akibat pandemi Covid-19.

Begitu juga dengan proyek lain yang kabarnya juga mengalami penundaan, termasuk Museum Nasional baru yang akan dibuka sekitar tahun 2022.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com