Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Kelelawar Masuk Kabin, Pesawat Ini Terpaksa Putar Balik

Kompas.com - 31/05/2021, 19:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

Sumber NDTV

KOMPAS.com – Sesuatu yang tak biasa terjadi pada penerbangan Air India yang terbang dari Bandara Delhi menuju Newark, Kamis (27/5/2021).

Pesawat yang meninggalkan Bandara Delhi pukul 02.20 waktu setempat itu terpaksa putar balik setelah berada di udara sekitar 30 menit.

Hal itu terjadi setelah pilot melaporkan kepada Air Traffic Control (ATC) bahwa ada kelelawar di kabin pesawat.

Baca juga: 9 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Naik Pesawat

Oleh karena itu, kapten pesawat pun memutuskan untuk menerbangkan pesawat kembali ke Bandara Delhi.

“Pesawat mendarat dengan selamat pukul 03.55 (waktu setempat). Kemudian penerbangan dinyatakan Aircraft on Grounded (AoG),” kata pejabat Air India kepada Asian News International (ANI), dilansir dari NDTV, Jumat (28/5/2021).

Ia melanjutkan bahwa saat kedatangan, diketahui kelelawar terlihat di dalam kabin oelh anggota awak pesawat. Staf satwa liar lun dipanggil untuk menangkap dan mengeluarkan pesawat dari kabin.

Kelelawar yang terbang di dalam kabin pesawat maskapai Air India dari India ke AS pada Kamis (27/5/2021).  [SS/YOUTUBE/INDIAN AVIATION JOBS] [SS/YOUTUBE/INDIAN AVIATION JOBS Kelelawar yang terbang di dalam kabin pesawat maskapai Air India dari India ke AS pada Kamis (27/5/2021). [SS/YOUTUBE/INDIAN AVIATION JOBS]

Adapun, seorang Pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara setempat mengatakan bahwa pengasapan telah dilakukan dan bangkai kelelawar sudah diambil dari pesawat.

“Setelah pendaratan, pengasapan dilakukan dan bangkai kelelawar yang mati diambil dari area kursi 8DEF,” kata dia.

Baca juga: Penutupan Taj Mahal di India Diperpanjang Akibat Covid-19

Sementara itu, tim teknisi Air India dalam laporan awalnya mengatakan bahwa kelelawar itu berasal dari pihak ketiga, seperti kendaraan untuk logistik makanan.

Penumpang dalam penerbangan itu pun dipindahkan ke pesawat lain dan akhirnya mendarat di Newark pukul 11.35 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com