Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Harga Paket Wisata Naik Jip Lava Tour Merapi

Kompas.com - 02/06/2021, 09:12 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Belakangan, curhatan seorang wisatawan asal Klaten yang disetop saat hendak berwisata ke Petilasan Mbah Maridjan di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tengah ramai diperbincangkan di media sosial.

Wisatawan bernama Iqbal Basyari itu protes karena diharuskan menyewa jip dengan harga sekitar Rp 350.000-Rp 500.000 untuk bisa naik ke petilasan tersebut. 

Baca juga: Protes Sewa Jip ke Petilasan Mbah Maridjan, Ini Kata Pengelola Jip

"Mereka bilang kalau mau naik harus pakai jip, enggak boleh pakai kendaraan pribadi, alasannya jalan jelek, padahal setahu saya jalan di sana bagus karena itu jalur evakuasi warga lereng Merapi. Dan saya lihat ada kendaraan roda dua dan roda empat yang boleh naik," ucap Iqbal dalam keterangannya, Senin (31/5/2021).

Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Bima, salah satu pengelola jip di Merapi, kisaran harga paket wisata naik jip untuk menjajal Lava Tour Merapi berkisar dari harga Rp 300.000-Rp 550.000.

Baca juga: Sensasi Berbeda Keliling Wisata Mangunan, Pakai Jeep Wisata

Dengan harga tersebut, para wisatawan sudah bisa menikmati tur perjalanan ke berbagai tempat wisata yang ada di lereng Gunung Merapi.

Tidak hanya itu, wisatawan juga mendapatkan berbagai fasilitas seperti asuransi, free soft drink, ruang tunggu luas dan nyaman serta ada coffee shop, free retribusi, dan supir beserta guide.

Baca juga: 5 Tempat untuk Bisa Memotret Puncak Gunung Merapi dengan Jelas

Jika ingin menjajal Lava Tour Merapi dengan naik jip, simak dulu harga paket wisata berikut yang sudah Kompas.com rangkum, Selasa (1/6/2021):

1. Paket short route

Lava Bantal dengan aliran Sungai OpakKOMPAS.COM/Albyan Pratama Lava Bantal dengan aliran Sungai Opak

Paket pertama ini ditarifkan seharga Rp 350.000 per jip. Dengan harga tersebut pengunjung bisa menyusuri mulai dari Sungai Opak menuju ke Desa Petung dan ke Museum Sisa Harta. Setelah itu, dilanjutkan menuju Desa Kaliadem.

Jika sudah puas berswafoto dan melihat pemandangan Gunung Merapi yang sangat memesona, perjalanan dilanjutkan ke Batu Alien, yaitu batu besar yang menyerupai wajah manusia.

Baca juga: Sensasi Lava Tour Merapi dan Kejutannya

Setelah pengunjung sudah merasa cukup puas, pihak jip akan membawa kembali para wisatawan ke basecamp

Adapun, untuk durasi perjalanan, dapat menyesuaikan dengan keinginan pengunjung. Namun, durasi perjalanan umumnya berlangsung selama 1-2 jam untuk paket ini.

2. Paket medium route

Batu Alien, di Lava Tour Merapi.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Batu Alien, di Lava Tour Merapi.

Paket berikutnya yaitu medium route. Jika memilih paket ini, pengunjung dikenakan biaya Rp 450.000 per jip.

Perjalanan akan dimulai dari Sungai Opak, menuju ke Desa Petung dan ke Museum Sisa Harta. Setelah itu, dilanjutkan perjalanan ke Desa Kaliadem.

Baca juga: Mau Jajal Merapi Lava Tour? Simak Dulu Tips Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com