Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Menuju JP Water Track Bogor, Wisata Sungai yang Instagrammable

Kompas.com - 03/06/2021, 18:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comJP Water Track merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang menawarkan kegiatan wisata seru, serta pemandangan apik yaitu Gunung Salak.

Koordinator Lapangan JP Water Track Mardo mengatakan, aliran sungai yang kini menjadi tempat wisata itu dulunya dipenuhi oleh sampah.

“Ini inisiatif dari karang taruna. Dulu (aliran sungai) sebagai tempat pembuangan sampah, tapi sekarang dibersihin,” tuturnya saat ditemui di Bogor, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: 9 Kegiatan Seru di JP Water Track Bogor, Lihat Megahnya Gunung Salak

Selama berada di sana, wisatawan dapat melakukan beragam kegiatan wisata menarik seperti menikmati pemandangan, serta piknik di tepi sungai—tepatnya di area rerumputan.

Wisatawan juga bisa bersantai dengan duduk di bawah pohon, foto-foto di spot keren seperti kincir angin warna-warni, memancing, hingga river tubing meski saat ini kegiatan tersebut ditiadakan.

Rute menuju JP Water Track Bogor

JP Water Track terletak di Jalan Raya Tenjolaya-Gunung Bunder, Desa Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini berbatasan dengan Kecamatan Tenjolaya.

Jika berangkat dari arah Kecamatan Pamijahan, tempat wisata berada pada sisi kanan jalur dekat sebuah gapura bertuliskan “Selamat Jalan”.

Jarak dari Jakarta adalah 74,5 kilometer (km) atau sekitar 1 jam 55 menit via Tol Jagorawi jika menggunakan mobil.

Sementara dari Kota Bogor, jaraknya adalah 19,9 km atau sekitar 1 jam 3 menit via Jalan Raya Ciapus menggunakan mobil.

Baca juga: 7 Tips Menuju Curug Kondang dan Balong Endah Bogor

Apabila berangkat dari Ibu Kota, keluar di Exit Tol Bogor Kebun Raya KM 40. Tetap pada jalur tersebut hingga menemui Gerbang Tol Bogor.

Ambil jalur sebelah kanan, jangan ambil yang mengarah ke Tanah Baru, Sukaraja, dan Baranangsiang. Lurus mentok, ambil jalur sebelah kanan lalu belok kanan ke arah Balai Kota Bogor.

Tempat wisata bernama JP Water Track di Desa Gunung Bunder 2, perbatasan Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Selasa (25/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Tempat wisata bernama JP Water Track di Desa Gunung Bunder 2, perbatasan Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Selasa (25/5/2021).

Tetap pada jalur tersebut sepanjang 400 meter sebelum belok kiri di Tugu Kujang. Tetap pada jalur tersebut hingga melewati Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi.

Pada pecahan jalan, ambil jalur kiri. Tetap pada jalur tersebut melewati Mal BTM hingga menemui pos polisi dengan tulisan “Pos 4A Polresta Bogor Kota” di ujung jalan.

Baca juga: 7 Tips Jelajah Sungai Ciliwung, Tolong Jaga Alamnya

Belok kanan dan tetap pada jalur sepanjang 170 meter. Lurus mentok belok kanan. Tetap pada jalur tersebut sepanjang 600 meter hingga menemui Klinik Dr. Sunardi 24 Jam pada sisi kiri jalur.

Tidak jauh di sana adalah sebuah persimpangan besar. Belok kiri, tetap pada jalur sepanjang 7 km melewati Sekolah Tinggi Perikanan di sisi kanan, lapangan besar di sisi kiri, dan Paud Daarul Jamaal Firdaus pada sisi kiri Jalan Raya Ciapus.

Dari sekolah tersebut, ikuti jalur utama hingga menemui sebuah perempatan besar. Belok kanan dan tetap pada jalur sepanjang 3,3 km hingga melewati penanda jalur menuju Pura Parahyangan Agung Jagatkartta pada sisi kiri jalur, dan sebuah masjid besar di seberang papan penanda tersebut.

Baca juga: 8 Kegiatan Seru di Curug Balong Endah Bogor, Bisa Freediving

Ikuti jalur hingga menemui Yayasan Pelangi Anwiqfa pada sisi kanan jalur. Tidak jauh dari sana adalah pertigaan. Belok kiri dan tetap pada jalur sepanjang 140 meter, sebelum belok kiri lagi.

Lanjutkan perjalanan pada jalur yang meliku sepanjang sekitar 6 km sebelum akhirnya tiba di tujuan. Rute ini akan membawamu masuk ke tempat wisata lewat Kecamatan Tenjolaya.

Artinya, JP Water Track akan berada pada sisi kiri jembatan. Harga tiket masuk JP Water Track adalah Rp 10.000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08:00-17:00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com