Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Aliran Sungai di Babakan Madang Bogor, Ada Air Terjun Kecil

Kompas.com - 03/06/2021, 20:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com – Kecamatan Babakan Madang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terkenal akan beragam pilihan tempat wisata yang menarik.

Mulai dari wisata alam hingga kuliner, semuanya tersedia di sana. Tidak heran jika warga Jakarta memadati area tersebut setiap akhir pekan.

Jaraknya pun cukup dekat, hanya 57 kilometer (km) atau sekitar 1 jam 10 menit saja via Tol Jagorawi sebelum keluar di Exit Tol Sentul City.

Baca juga: Pengalaman Freediving di Curug Balong Endah Bogor, Dingin Banget!

Kendati demikian, di balik ramainya warga Ibu Kota yang berkunjung, terdapat sebuah area di Babakan Madang yang terbilang masih cukup sepi.

Tepatnya di sebuah aliran sungai pinggir jalan utama yang mungkin selama ini perannya hanya sebagai pemanis saja bagi wisatawan yang melintas.

Kompas Video Tak jauh dari Ibu Kota Jakarta, keluar dari Pintu Tol Sentul City, menuju Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, mata kita dihamparkan oleh pemadangan hijau bak oasis. Sawah terasering dibelah oleh anak-anak sungai yang merupakan bagian dari hulu DAS Cileungsi. #IndonesiaFromAbove #Bogor

Pesona aliran sungai di Babakan Madang

Kompas.com sempat berkunjung ke sana pada Rabu (26/5/2021). Lokasinya tepatnya adalah aliran sungai sebelum Goa Agung Garunggang, dan sebelum Leuwi Kunten.

Sejauh mata memandang, hanya pemandangan alam nan indah yang mampu membelalakkan mata. Seperti apa pesonanya?

Baca juga: JP Water Track, Wisata Sungai di Bogor yang Instagrammable

Sebelum membaca lebih lanjut, perlu dicatat bahwa petunjuk arah berdasarkan titik kedatangan penulis yakni dari Exit Tol Sentul City. Dengan begitu, kedua titik aliran sungai ini berada pada sisi kiri penulis.

Aliran sungai di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (26/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Aliran sungai di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (26/5/2021).

Meski Leuwi Kunten adalah tempat wisata yang lebih dulu akan ditemui dibandingkan Goa Agung Garunggang, namun penulis menulisnya tidak sesuai urutan lokasi dan sesuai titik yang penulis kunjungi terlebih dahulu.

Untuk aliran sungai dekat Leuwi Kunten, lokasinya tetap berada di sebelum tempat wisata tersebut dari arah Exit Tol Sentul City. Sebab, dari Goa Agung Garunggang, penulis sempat kebablasan beberapa meter sehingga harus putar balik.

Baca juga: Ada Wisata Ternak Lebah Madu di Lembah Gunung Pangrango, Seperti Apa?

Aliran sungai sebelum Goa Agung Garunggang

Aliran sungai yang lokasinya berada pada sebelum jalur trekking menuju Goa Agung Garunggang menawarkan udara yang sejuk.

Selain itu, perbukitan, pepohonan rindang, serta tanaman, tumbuhan, dan semak belukar yang asri mengelilingi aliran sungai yang airnya sangat jernih.

Seorang wisatawan sedang memotret sebuah bunga di aliran sungai di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (26/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Seorang wisatawan sedang memotret sebuah bunga di aliran sungai di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (26/5/2021).

Lingkungannya pun masih alami dan tidak terdapat sampah plastik yang berserakan sedikit pun.

Untuk menikmati keindahannya, wisatawan bisa melihatnya dari jembatan menuju jalur trekking atau turun ke tepi sungai.

Baca juga: Sungai Ciliwung yang Disebut Biang Banjir Jakarta, Ternyata Punya Pesona

Bagi yang gemar ilmu alam, aliran sungai ini merupakan tempat yang tepat untuk melakukan wisata edukasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com