Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Inggris Bakal Punya Kolam Renang Terdalam di Dunia

Kompas.com - 08/06/2021, 11:41 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan Polandia, kini Inggris bakal punya kolam renang terdalam di dunia bernama Blue Abyss. Lokasinya ada di Cornwall, Inggris.

Blue Abyss digadang-gadang akan mengalahkan Deepspot di Mszczonow, Polandia. Jika Deepspot memiliki kedalaman 45,5 meter, Blue Abyss akan memiliki kedalaman 50 meter.

Melansir dari Cnn.com, Sabtu (5/6/2021), Blue Abyss nantinya akan menjadi tempat olahraga ekstrem dunia. Bahkan, kolam renang ini menjadi tempat untuk pelatihan astronaut. Fasilitas ini dibangun senilai 150 juta pound sterling atau sekitar Rp 3 miliar.

Blue Abyss juga akan digunakan untuk melatih staf sektor energi luar angkasa, pertahanan, kelautan dan lepas pantai, serta menguji teknologi bawah laut, seperti robotika bawah laut.

Baca juga: Aturan Karantina Baru, Pelancong ke Inggris Biayai Karantina Mandiri Rp 33 Juta

"Kolam itu akan menjadi aset penelitian besar untuk kedirgantaraan, energi lepas pantai, robotika bawah air, fisiologi manusia, pertahanan, rekreasi dan industri kelautan, serta pusat pendidikan yang fantastis untuk anak-anak dan siswa universitas," kata kepala Blue Abyss, John Vickers.

Blue Abyss akan dibangun berundak dengan ukuran 50 x 40 meter. Dengan luas tersebut, kolam renang ini mampu menampung 42.000 meter kubik air atau setara dengan 17 kolam renang olimpiade.

Fasilitas kolam renang ini dirancang oleh arsitek Inggris Robin Partington. Ia merupakan pemimpin dari tim desain salah satu bangunan paling terkenal di London yaitu The Gherkin.

Blue Abyss di Cornwall, InggrisDok. Blueabyss.uk Blue Abyss di Cornwall, Inggris

Robin berencana membangun kolam renang ini dengan sistem atap geser yang cukup besar, sehingga mampu menurunkan benda-benda besar untuk penelitian.

Ia juga akan membuat sistem goa bawah air agar dapat menguji kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh. Bahkan ia juga merancang set film bawah air di kolam itu.

Salinitas, arus, pencahayaan, dan suhu kolam juga akan dikontrol pada tingkat berbeda untuk mensimulasikan berbagai kondisi bawah air.

Baca juga: Inggris Ubah Karantina Jadi 5 Hari untuk Turis Asing, Ini Syaratnya

Seperti dilansir Blueabyss.uk, Blue Abyss merupakan fasilitas yang dibangun dari ide mantan instruktur selam dan konsultan manajemen Jihn Vickers.

Dia berencana menjadikan Blue Abyss sebagai fasilitas global dengan berbagai potensi penggunaan yang memanfaatkan begitu banyak industri di area Cornwall.

Proyek pembangunan Blue Abyss ini juga mendapat dukungan dari seorang Astronot Inggris Tim Peake.

Baca juga: Inggris Raya Luncurkan Paspor Vaksin untuk Perjalanan Internasional

Ia merupakan astronot Inggris pertama yang mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2015 dan menghabiskan enam bulan di luar angkasa. Saat ini, ia menduduki posisi dewan penasihat di Blue Abyss.

Blue Abyss mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang dalam proses pengajuan izin perencanaan di Aerohub Enterprise Zone. Pembangunan kolam renang itu akan memakan waktu sekitar 18 bulan untuk diselesaikan dan diperkirakan akan dibuka tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com