Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan akan Buka Travel Bubble dengan Tiga Negara Ini

Kompas.com - 10/06/2021, 18:32 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan berharap bisa segera membicarakan rencana pembukaan gelembung perjalanannya (travel bubble) dengan Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Travel bubble ini nantinya hanya berlaku bagi orang-orang yang telah divaksin Covid-19 secara lengkap pada awal Juli 2021 mendatang. 

Baca juga: Monumen May 18th, Tempat Wisata Sejarah Korea yang Berkaitan dengan Drakor Youth of May

Melansir dari Koreaherald.com, Rabu (9/6/2021), Kementerian Transportasi Korea Selatan menyampaikan bahwa ada sejumlah aturan yang akan diterapkan pada pembukaan travel bubble. 

Di antaranya, pada tahap awal pembukaan, pemerintah Korea Selatan hanya akan mengizinkan perjalanan dalam bentuk grup tur.

Untuk jadwal penerbangan, hanya akan ada satu atau dua penerbangan dalam seminggu dan hanya boleh membawa sekitar 200 penumpang.

Kebijakan tersebut diambil setelah pemerintah Korea Selatan mengumumkan aturan jarak sosial terbaru terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 di negaranya yang berlaku pada Juni 2021.

Ilustrasi Korea Selatan - Benteng Hwaseong.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Korea Selatan - Benteng Hwaseong.

Di samping itu, seorang pejabat Kementerian Transportasi Korea Selatan menjelaskan, dalam travel bubble ini pemerintah akan mengizinkan warganya yang telah divaksinasi Covid-19 lengkap untuk bepergian ke luar negeri dan kembali tanpa perlu menjalani karantina.

Kebijakan tersebut juga berlaku bagi para wisatawan asing dari negara yang bermitra dalam travel bubble ini, yakni Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Baca juga: Phuket Sambut Wisatawan Asing 1 Juli 2021, Apa yang Harus Disiapkan?

Kendati demikian, mengingat adanya kenaikan kasus Covid-19 di Taiwan, salah seorang pejabat di Korea Selatan mengungkapkan bahwa kemungkinan rencana travel bubble akan lebih besar bila dilaksanakan dengan Singapura, Guam, dan Saipan.

Singapura, Guam, dan Saipan dikabarkan sangat tertarik untuk bekerja sama dengan Korea Selatan.

Aturan untuk wisatawan asing

Adapun, sebelum ke Korea Selatan, para wisatawan asing akan diminta melakukan uji kesehatan dan menyerahkan hasil negatif tes Covid-19 dalam waktu tiga hari sebelum keberangkatan.

Setibanya di Korea Selatan, mereka juga wajib mengikuti rangkaian tes Covid-19 lainnya.

Baca juga: Travel Bubble Singapura-Hong Kong Resmi Diundur

Selama berada di Korea Selatan, di tahap awal, wisatawan hanya boleh mengikuti paket tur bersertifikat yang diizinkan dalam program travel bubble. Mereka akan bepergian dengan agen perjalanan yang telah ditentukan.

Berita bagus untuk industri penerbangan dan perjalanan

Ilustrasi Korea Selatan - Hallasan National Park.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Korea Selatan - Hallasan National Park.

Setelah pengumuman pemerintah Korea Selatan di hari Rabu, agen perjalanan daring Interpark Tour meluncurkan paket wisata Internasional ke Eropa di hari yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com