Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Menuju Wisata Gunung Blego via Magetan

Kompas.com - 11/06/2021, 11:41 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Gunung yang pas untuk dikunjungi tidak mesti harus memiliki ketinggian di atas 3.000 meter.

Banyak gunung-gunung tidak terlalu tinggi yang ternyata menyimpan keindahan dan keunikannya tersendiri.

Gunung Blego adalah salah satunya. Lokasinya ada di Kecamatan Parang, Magetan, Jawa Timur, dan Puhpelem, Wonogiri, Jawa Tengah.

Baca juga: Wisata Gunung Blego via Magetan, Ada Telaga Tanpa Air di Puncaknya

Ketinggian Gunung Blego hanya 996 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski begitu, di puncaknya terdapat lubang kawah mati dengan diameter sekitar 800 meter.

Hal itu tentunya menjadi keunikan tersendiri dari Gunung Blego. Masyarakat setempat menyebutnya Telaga Wurung karena seperti telaga yang tidak ada airnya.

Rute menuju wisata Gunung Blego via Magetan

Wisata Gunung Blego dapat dicapai salah satunya melalui Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Jarak Desa Trosono dari pusat Kabupaten Magetan adalah sekitar 17 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam.

Dari Kota Magetan, ambil arah menuju Jalan Magetan-Goranggareng. Namun setelah Dinas Tenaga Kerja dan Taman Carat, belok kanan memasuki Jalan Raya Parang.

Ikuti terus Jalan Raya Parang itu sekitar 14 km atau 20 menit perjalanan. Nantinya akan ada pertigaan mentok. Belok kanan di pertigaan itu dan ikuti jalan sejauh 280 meter.

Ada pertigaan lagi. Kali ini, tinggalkan jalan utama dan belok kiri memasuki Jalan Parang-Sayutan. Ikuti jalan tersebut dan tak lama kemudian, akan ada gerbang selamat datang di Desa Trosono.

Baca juga: DAMRI Layani Rute Stasiun Magetan-Pantai Klayar Pacitan

Terus ikuti jalan sejauh sekitar 2,5 km atau enam menit, di kanan jalan terdapat Masjid Al Huda sebelum Balai Desa Trosono. Sudah ada plang petunjuk jalan menuju Gunung Blego di samping masjid ini.

Telaga tanpa air Gunung Blego via Magetan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Telaga tanpa air Gunung Blego via Magetan.

Tinggalkan jalan utama dan belok kanan di gang samping Masjid Al Huda. Selanjutnya, hanya ada satu jalan naik menuju Gunung Blego.

Jalur nantinya sebagian besar terdiri dari makadam atau batu dan cukup menanjak. Sepeda motor dan mobil (jika kuat menanjak), bisa sampai di kawasan puncak Gunung Blego.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Masuk Mojosemi Dinosaurus Park Magetan

Untuk bisa sampai ke titik tertinggi Gunung Blego, pengunjung harus mendaki dengan berjalan kaki selama sekitar 15-30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com