Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Juni, Wings Air Buka Rute Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga

Kompas.com - 14/06/2021, 09:32 WIB
Iqbal Fahmi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com- Lion Air Group melalui Wings Air tertarik membuka rute baru, yakni Jakarta - Purbalingga - Semarang dan sebaliknya.

Artinya, akan ada lalu lintas maskapai penerbangan baru setelah Citilink yang beroperasi di Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah

“Pertemuan sudah dilakukan, dan dalam waktu dekat pada akhir Juni 2021 direncanakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute Jakarta - Purbalingga - Semarang dan Semarang - Purbalingga – Jakarta,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Wings Air Buka Rute Ternate-Buli Lagi, Harga Mulai dari Rp 300.000-an

Sebagai bandara yang baru dibangun dan dalam tahap pengembangan, Bandara JB Soedirman dinilai sangat produktif.

Utilitas dan produktivitas bandara tidak dapat terlepas dari antusiasme masyarakat yang sudah lama menantikan bandara ini.

Awaluddin mengungkapkan, tingkat keterisian penumpang (load factor) untuk rute dari dan ke Jakarta saat baru dibuka mencapai 70 persen dan kini sudah meningkat hingga 80 persen.

Baca juga: Promo Wings Air, Jelajahi Halmahera Utara Mulai dari Rp 716.900

 

Sementara, untuk rute dari dan ke Surabaya dari sekitar 25 persen saat baru dibuka, kini meningkat hingga 40 persen.

“Dengan bertambahnya rute dari dan menuju Bandara JB Soedirman, kami harapkan dapat semakin mendukung aktivitas masyarakat termasuk mendukung UMKM di Purbalingga dan daerah sekitar,” ujarnya.

Seperti diberitakan, aktivasi operasional Bandara JB Soedirman dilakukan pada Selasa (1/6/2021).

Pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink melakukan pendaratan dan penerbangan di Bandara Jenderal Besar Sudirman, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (1/6/2021).KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI Pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink melakukan pendaratan dan penerbangan di Bandara Jenderal Besar Sudirman, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (1/6/2021).

 

Pengaktifan ini ditandai dengan pendaratan pesawat baling-baling jenis turboprop ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink dari Bandara Juanda Surabaya.

Presiden Joko Widodo juga meninjau bandara yang baru dibuka ini pada Jumat (11/6/2021). Bersama Ibu Negara, Iriana, Jokowi mendarat menggunakan pesawat ATR 72-600 sekitar pukul 08:35 WIB.

Baca juga: 5 Wisata Purbalingga, Kunjungi Usai Mendarat di Bandara Jenderal Besar Soedirman

 

Sejak peletakan batu pertama pada 2018, runway Bandara JB Soedirman akhirnya rampung digarap awal 2021.

Meski gedung terminal masih menggunakan tenda roder, namun operasional bandara telah dimulai sejak 1 Juni 2021 dan melakukan penerbangan komersial perdana pada 3 Juni 2021.

Runway telah selesai dibangun sepanjang 1.600 meter x 30 meter. Meskipun terminalnya belum selesai, tetapi minggu yang lalu telah mulai dilakukan penerbangan perdana dari Jakarta ke Purbalingga, kemudian dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink,” kata Jokowi.

Baca juga: Jelajah Kampung Kurcaci Purbalingga, Mampir Juga ke Curug Lawang

Dengan beroperasinya Bandara JB Soedirman, dia berharap mobilitas penumpang dan mobilitas logistik akan lebih baik.

“Ini bagus, saya senang, meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tetapi airport-nya sudah dipakai. Saya kira ini lebih produktif daripada kita menunggu terminal selesai baru dilakukan penerbangan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com