Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2021, 21:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, jaga jarak merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Selain mencegah terjadinya penularan Covid-19 dengan menghindari kerumunan, hal ini juga tertera dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor SE 27 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian di Masa Pandemi Covid-19.

Aturan tersebut juga berlaku selama PPKM mikro 1-14 Juni 2021 yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia di 34 provinsi.

Baca juga: Pengalaman Naik KA Jarak Jauh saat PPKM Mikro 1-14 Juni 2021, Stasiun Tetap Ramai

Kompas.com sempat mengobrol dengan dua penumpang yang melakukan perjalanan naik kereta api (KA) jarak jauh selama PPKM mikro terbaru diterapkan, Jumat (11/6/2021).

Selain menceritakan pengalaman, mereka juga meberikan sejumlah tips naik KA jarak jauh. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum, Senin (14/6/2021):

1. Makan berat dulu sebelum berangkat

Nana (22) asal Jakarta berangkat ke Yogyakarta pada 10 Juni via Stasiun Pasar Senen. Sebelum berangkat, dia menyarankan kepada calon penumpang untuk makan berat terlebih dahulu.

“Kalau jarak jauh sih paling kalau bisa sebelum keberangkatan udah makan makanan yang berat ya, kayak nasi atau bubur gitu buat mengisi perut,” ujar dia.

Dirinya menjelaskan, hal tersebut untuk menghindari terlalu lama membuka masker saat berada di dalam kereta.

2. Tes GeNose sesuaikan dengan jadwal keberangkatan

Untuk tes GeNose, Nana menuturkan bahwa hal tersebut tergantung jadwal keberangkatan. Jika dalam tiket tertera bahwa kereta akan berangkat pada sore atau malam hari, GeNose bisa dilakukan pada saat itu.

“Bisa di hari itu aja GeNose-nya biar sekalian, enggak bolak-balik stasiun. Cuma kalau yang kereta pagi, sebelum jam 08.00, bagusnya sehari sebelumnya karena layanannya belum buka sebelum jam 08.00,” ucap dia.

Salah satu calon penumpang yang sedang melakukan layanan GeNose C19 di stasiun.PT KAI Salah satu calon penumpang yang sedang melakukan layanan GeNose C19 di stasiun.

Senada dengan Nana, Vina (32) asal Ngawi juga mengatakan yang sama. Adapun, dia berangkat ke Ngawi dari Yogyakarta pada 10 Juni 2021.

Dia menuturkan, biasanya layanan GeNose tutup pukul 19.00 WIB sementara pendaftaran sudah tutup pada sekitar pukul 17.20 WIB.

Baca juga: 9.834 Calon Penumpang KA Gunakan GeNose di Stasiun Pasar Senen

“Jangan mepet-mepet aja sih. Kasih waktu minimal satu jam sebelum keberangkatan kalau memang mau mepet jam keberangkatan,” ujar Vina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com