Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Vaksin, Turis Indonesia Bisa Dapat Vaksin Covid-19 di AS

Kompas.com - 15/06/2021, 21:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa agen perjalanan di Indonesia mulai menjual paket wisata vaksin ke Amerika Serikat (AS). Hal itu seiring meningkatnya tren wisata vaksin di dunia.

Dengan mengikuti paket wisata vaksin itu, peserta akan berpeluang mendapat suntikan vaksin sambil berwisata di negara tujuan.

Adapun, dua agen perjalanan di Indonesia yang sudah mulai menjual paket wisata vaksin adalah Panorama JTB Tours dan Destination Tour.

Seperti apa paket wisata vaksin yang ditawarkan?

Panorama JTB Tours sudah menjual paket wisata vaksin sejak akhir Mei 2021. Mereka sudah mempromosikannya lewat akun Instagram @panoramatoursid pada Senin (24/5/2021).

Head of Leisure Panorama JTB Tours Andini mengonfirmasi bahwa pihaknya lebih menjual paket wisata ke AS. Vaksin Johnson & Johnson yang didapat dikatakan sebagai bonus saja.

“Di situ disiapkan delapan hari wisata ke West Coast. Jalan-jalan ke Los Angeles, tapi mereka bisa dapat kesempatan untuk vaksin. Tapi kami lebih meng-highlight ke arah jalan-jalan ke AS-nya,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Tren Wisata Vaksin, Travel Agent Mulai Jual Paket Perjalanan ke Luar Negeri

Dalam paket dengan harga mulai dari Rp 19,8 juta per orang itu, wisatawan akan mendapat tiket pesawat pergi-pulang (PP), hotel, makan, dan free program bagi yang ingin jalan-jalan.

Selanjutnya, ada Destination Tour yang menawarkan wisata vaksin Johnson & Johnson ke AS dengan harga mulai dari Rp 9,6 juta per orang untuk minimal dua orang.

Destination Tour telah mempromosikan paketnya lewat Instagram sejak Kamis (20/5/2021).

Creative Director Destination Tour Yento Chen mengatakan, paket itu akan membawa wisatawan liburan selama enam hari lima malam di AS.

Ilustrasi Kota New YorkBizzi & Partners Ilustrasi Kota New York

Meski begitu, paket ini berbeda dari paket wisata lain karena pihak Yento hanya menjual layanan vaksin dan akomodasi saja.

Paket wisata vaksin yang ditawarkan hanya mencakup akomodasi hotel bintang empat untuk lima malam, serta layanan vaksin pada hari ketiga, termasuk transportasi dan pendampingan.

Namun, paket tidak termasuk tiket penerbangan PP, visa AS, asuransi perjalanan sesuai standar perjalanan AS, tes PCR, karantina, serta biaya tipping untuk sopir dan pendamping.

Hanya untuk yang sudah punya visa AS

Jika ingin menjajal kesempatan mendapat vaksin dengan paket wisata tersebut, maka calon peserta harus sudah mempunyai visa AS.

Andini menjelaskan bahwa kalau mengajukan visa, maka tergantung slot kedutaan besar. Mengajukan visa liburan ke AS memang sudah bisa, tetapi butuh waktu lama sekitar September 2021.

Baca juga: Ada Paket Wisata Vaksin ke AS, Khusus untuk yang Punya Visa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com