Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Salah Satu yang Terindah

Kompas.com - 17/06/2021, 10:32 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comGunung Prau yang ada di Jawa Tengah memang merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia.

Banyak pendaki dari berbagai penjuru Tanah Air yang ingin mendaki ke Gunung Prau. Hal itu terlihat dari kondisi area camping gunung ini saat hari libur atau akhir pekan.

Mendaki Gunung Prau pun dapat dilakukan dari beberapa jalur. Satu yang paling populer adalah Patak Banteng yang berada tepat di jalan utama Wonosobo-Dieng.

Baca juga: Syarat Mendaki Gunung Prau Pasca Lebaran 2021

Namun selain jalur Patak Banteng, masih ada jalur pendakian Gunung Prau lainnya yang menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing. Jalur Igirmranak adalah salah satunya.

Igirmranak adalah desa yang berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur ini menjangkau puncak Gunung Prau dari sisi selatan.

Pendakian Gunung Prau via Igirmranak

Kompas.com sempat menjajal mendaki melalui jalur ini pada Rabu (2/6/2021) seorang diri menuju Gunung Prau. Pendakian dimulai sekitar pukul 15.00 WIB.

Rute awal adalah menyusuri jalan desa. Kondisi jalan sudah menanjak dari sini. Setibanya di ujung utara desa, akan ada percabangan. Keduanya merupakan jalan yang benar. Jalan dari cor ke arah kanan dan jalan tanah jika lurus.

Rute awal pendakian Gunung Prau via Igirmranak.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Rute awal pendakian Gunung Prau via Igirmranak.

Nantinya dua percabangan itu akan menjadi satu lagi. Jika di percabangan belok kanan, maka kondisi jalan akan tetap terbuat dari cor yang berada di lahan pertanian.

Baca juga: Mendaki Gunung Prau Saat Suhu Dingin? Jangan Lupa Bawa Perbekalan Ini

Terus ikuti jalan cor itu. Kondisi jalan cukup menanjak di beberapa titik. Perjalanan pun sampai di Pos 1 dengan yang ada semacam pagar di sana sebelum masuk kawasan hutan.

Dari Pos 1, kondisi jalan masih terbuat dari cor. Nantinya ada percabangan lagi. Belok kiri tinggalkan jalan cor di percabangan itu dan mulai memasuki jalan setapak dari tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com