Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak

Kompas.com - 17/06/2021, 12:37 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Jika ingin mendaki gunung yang punya pemandangan indah, tetapi jalur pendakiannya tidak begitu sulit, maka Prau adalah jawabannya.

Gunung yang ada di Jawa Tengah ini memang jadi favorit para pendaki dari seluruh penjuru Nusantara karena pemandangan indahnya. Menuju kawasan puncak pun dapat dicapai hanya dalam waktu sekitar empat jam.

Salah satu jalur pendakian Gunung Prau yang menawarkan keindahan panorama alam adalah Igirmranak. Lokasinya ada di Desa Igirmranak, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa ini ada di sisi selatan Gunung Prau.

Baca juga: Catatan Pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Salah Satu yang Terindah

Dari pusat Kabupaten Wonosobo, Desa Igirmranak berjarak sekitar 18,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

Rute menuju Basecamp Pendakian Prau via Igirmranak

Jika memulai perjalanan dari Alun-alun Wonosobo, maka perjalanan menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak bisa dilakukan dengan berkendara ke arah utara melalui Jalan Wonosobo-Dieng.

Ini merupakan jalan utama para wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata Dieng.
Lurus terus ikuti jalan utama menuju Dieng itu sejauh sekitar 15 km atau kurang-lebih 31 menit berkendara.

Nantinya setelah berkendara sejauh jarak dan waktu tersebut, kamu akan sampai di Pasar Kejajar.

Jika belok kiri di Pasar Kejajar ini, maka itu adalah arah menuju Wisata Telaga Menjer. Apabila belok kanan, maka itu merupakan arah menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak dan Wates.

Setelah belok kanan, ikuti jalan utama desa. Jalannya lebih sempit dari jalan utama menuju Dieng sebelumnya. Selain itu, kondisinya juga berlubang dan menanjak di beberapa titik.

Baca juga: Syarat Mendaki Gunung Prau Pasca Lebaran 2021

Ikuti jalan desa tersebut sekitar 2 km atau hanya kurang-lebih 10 menit berkendara. Nantinya ada pertigaan. Belok kiri di pertigaan itu yang sudah ada plang petunjuk arah menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak.

Belok kiri memasuki jalan desa dari cor yang lebih sempit dari sebelumnya. Kondisinya cukup menanjak, sehingga kondisi kendaraan harus diperhatikan. Cek pula kondisi rem karena tanjakan akan menjadi turunan curam saat perjalanan pulang.

Meski begitu, kondisi jalan sudah dicor halus. Jalan juga tidak licin karena dibangun dengan tekstur tidak rata.

Baca juga: Cerita Pendaki Gunung Prau via Igirmranak: Lewat Terowongan Unik

Cukup ikuti jalan desa tersebut setelah belok kanan di pertigaan. Nanti perjalanan akan sampai Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak yang berada di pintu masuk desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com