Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kecele, Wisata Gondola di Girpasang dan Kedai Pojok Klaten Tutup Sementara

Kompas.com - 25/06/2021, 15:12 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Tempat wisata di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tutup sementara.

Sebelumnya saat masih buka, ada beberapa tempat wisata menarik di sana. Beberapa di antaranya adalah Kedai Pojok dan Gondola menuju Dusun Girpasang.

Namun karena Klaten yang saat ini berstatus sebagai zona merah penyebaran Covid-19, maka seluruh tempat wisata itu ditutup.

Baca juga: Resmi! Ada Gondola Baru untuk Wisatawan di Dusun Girpasang Klaten

Penutupan tersebut dilakukan berdasarkan Instruksi Bupati Klaten Nomor 3 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 serta Terkait Klaten Zona Merah.

Wisata gondola Girpasang dan Kedai Pojok tutup

Adapun, pengumuman penutupan tempat wisata di Desa Tegalmulyo itu juga sudah dicantumkan dalam postingan akun Instagram resmi wisata Girpasang di @girpasang dan Kedai Pojok di @kedaipojok.tegalmulyo, Jumat (25/6/2021).

Dalam postingan itu, dikatakan bahwa seluruh area wisata di Desa Wisata Tegalmulyo serta kegiatan usaha di dalam kawasan wisata (kuliner dan gondola) tutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

Tempat makan dengan pemandangan Gunung Merapi dan Dusun Girpasang bernama Kedai Pojok Dusun Kringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (dok. Kedai Pojok).dok. Kedai Pojok Tempat makan dengan pemandangan Gunung Merapi dan Dusun Girpasang bernama Kedai Pojok Dusun Kringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (dok. Kedai Pojok).

Sebelum tutup, gondola menuju Dusun Girpasang menjadi daya tarik wisata di sana. Terlebih, sekarang ada gondola baru untuk mengangkut manusia.

Saat masih buka, tarif gondola Girpasang adalah Rp 60.000 pulang-pergi dengan kapasitas 4 orang dewasa atau 5 orang jika membawa anak kecil.

Baca juga: Kedai Pojok di Kemalang, Klaten, Ngopi Ditemani Gagahnya Gunung Merapi

Selain gondola Girpasang, ada pula Kedai Pojok yang fotonya sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Itu karena panorama alam yang begitu indah dari Kedai Pojok. Pengunjung bisa melihat kawasan lereng tenggara Gunung Merapi yang dipenuhi pepohonan hijau.

Awan panas Gunung Merapi mengarah ke tenggara

Sebagai informasi, pada Jumat (25/6/2021) pukul 04.43 WIB, telah terjadi luncuran awan panas dari Gunung Merapi ke arah tenggara.

Diberitakan Kompas.com, Jumat, tinggi kolom letusan Gunung Merapi saat itu mencapai kurang lebih 1.000 meter dengan jarak luncuran awan panas mencapai 3 km. Adapun, jarak Girpasang menuju puncak Gunung Merapi adalah sekitar 5 km.

Kawah Gunung Merapi yang mengeluarkan asap dilihat dari wisata Deles Indah, Klaten, Rabu (16/6/2021) dengan lensa zoom.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Merapi yang mengeluarkan asap dilihat dari wisata Deles Indah, Klaten, Rabu (16/6/2021) dengan lensa zoom.

Akibat letusan itu, beberapa tempat wisata di sisi tenggara Gunung Merapi membatasi aktivitas wisatanya.

Salah satunya adalah wisata Bukit Klangon di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang menutup sementara aktivitas camping malam hari.

Baca juga: Awan Panas Gunung Merapi ke Arah Tenggara, Wisata Klangon Tutup Aktivitas Camping

Ada pula wisata Kali Talang di Balerante, Klaten yang untuk sementara waktu hanya buka pada akhir pekan.

Sementara itu, wisata di Desa Tegalmulyo tutup karena mengikuti instruksi bupati Klaten tersebut yang meminta seluruh tempat wisata tutup sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com