Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Terancam Dihapus dari Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, Kenapa?

Kompas.com - 27/06/2021, 12:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com – Kota Liverpool di Inggris terancam dihapus dari daftar situs warisan dunia UNESCO.

Hal itu karena perkembangan dan pembangunan kota telah mengakibatkan kemerosotan serius dan hilangnya atribut yang seharusnya tidak boleh diubah.

Direktur Pusat Warisan Dunia dan Divisi Situs Warisan UNESCO Mechtild Rossler mengatakan bahwa Kota Liverpool telah diperingatkan tentang ancaman penghapusan dari daftar itu selama bertahun-tahun.

Baca juga: Liverpool Tak Melulu Sepak Bola dan Musik

“Kami hanya dapat mengusulkan penghapusan daftar jika memiliki analisis yang menyatakan bahwa nilai universal yang luar biasa dari situs tersebut hilang dan itu adalah analisis kami,” kata dia dilansir dari BBC, Rabu (23/6/2021).

Adapun, dua proyek baru di Kota Liverpool yang jadi sorotan UNESCO adalah Liverpool Waters dan pembangunan stadion baru tim Everton di Bramley Moore Dock.

Rossler mengatakan jika suatu kota harus bisa melakukan segala cara untuk mempertahankan situs warisan dunia yang ada di sana.

Liverpool sebagai situs warisan dunia UNESCO

Liverpol mulai dimasukkan ke dalam daftar situs warisan dunia dari UNESCO pada tahun 2004 silam.

Liverpool jadi salah satu dari 32 situs warisan dunia UNESCO yang ada di Inggris, bersama dengan Stonegenge dan Giant’s Causeway.

Salah satu sudut Kota Liverpool. Kota ini tidak melulu soal sepak bola dan musik. Kota ini juga menyajikan keindahan bangunan arsitektur Victorian yang mendominasi pusat kota dan karya seni kontemporer.KOMPAS/PRASETYO EKO PRIHANANTO Salah satu sudut Kota Liverpool. Kota ini tidak melulu soal sepak bola dan musik. Kota ini juga menyajikan keindahan bangunan arsitektur Victorian yang mendominasi pusat kota dan karya seni kontemporer.

Hal itu karena Kota Liverpool merupakan bagian dari kemunculan Inggris sebagai salah satu kekuatan perdagangan terbesar di abad ke-18 dan-19.

Kota Liverpool pun pernah menjadi pusat perdagangan Kerajaan Inggris pada zaman dahulu. Kota ini juga memiliki banyak ikon dengan arsitektur zaman dahulu.

Nantinya jika memang dihapus dari daftar situs warisan dunia UNESCO, Liverpool jadi situs ketiga yang kehilangan status warisan dunia.

Baca juga: Apa Itu Tradisi Palang Pintu yang Sambut Pemain Legendaris Liverpool?

Daftar situs warisan dunia UNESCO sendiri telah dimulai sejak 1978.

Sebelumnya, dua tempat yang dihapus dari daftar situs warisan dunia UNESCO adalah the Arabian Oryx Sanctuary di Oman pada 2007 dan Dresden Elbe Valley di Jerman pada 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com