Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaten Zona Merah, Candi Prambanan Tutup Sementara hingga 5 Juli

Kompas.com - 30/06/2021, 15:39 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com – Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan ditutup sementara mulai dari 30 Juni hingga 5 Juli 2021.

Penutupan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Bupati Klaten Nomor 443.5/418/13 tentang Percepatan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Adapun, penutupan tersebut juga berkaitan dengan masuknya Klaten dalam kategori zona merah akibat naiknya kasus positif terkonfirmasi Covid-19.

Baca juga: 11 Wisata Cagar Budaya Yogyakarta Tutup Sementara, Termasuk Prambanan

Diharapkan, jika situasi membaik, maka Candi Prambanan dapat dibuka kembali pada 6 Juli 2021.

“Untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Klaten dalam menekan laju penyebaran Covid-19, maka kami selaku pengelola destinasi wisata menutup sementara operasional TWC Prambanan. Kami berharap penutupan ini bisa ikut berpartisipasi dalam proses penekanan lajunya penyebaran Covid-19, serta untuk pemulihan baik segi kesehatan maupun ekonomi di masyarakat,” kata Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Kompleks Candi Prambanan.DOK. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAF Kompleks Candi Prambanan.

Ia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk melihat situasi terkini di Klaten.

Baca juga: Libur Lebaran 2021, Candi Prambanan Sepi Pengunjung

Selama penutupan sementara, PT TWC akan menjaga kebersihan lingkungan di kawasan wisata demi keamanan dan kenyamanan suasana.

Apabila ada yang ingin bertanya berkaitan dengan tiket ke destinasi TWC, mereka dapat menghubungi call center di nomor 0811-2688-000.

Baca juga: Sleman Zona Kuning, Candi Prambanan Tetap Buka untuk Wisatawan

Sebelumnya diberitakan Kompas.com pada 23 Juni 2021, kawasan cagar budaya Candi Prambanan merupakan salah satu cagar buadaya yang ditutup mulai dari 21 Juni hingga 2 Juli 2021.

“Kami sebagai pengelola destinasi hanya membuka taman saja. Cagar budaya memang ditutup,” kata staf humas PT TWC Candi Prambanan Nanik Lestari waktu itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com