Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik! Ada Layanan Antar Jemput untuk Pendaki Gunung Ciremai

Kompas.com - 02/07/2021, 07:32 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comGunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Majalengka merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan berdiri pada ketinggian 3.078 meter dari permukaan laut (mdpl).

Tidak heran jika banyak pendaki dari dalam maupun luar Jawa Barat, bahkan dari luar Pulau Jawa, bermimpi untuk mendakinya.

Baca juga: PPKM Darurat, TN Gunung Ciremai Tutup Seluruh Jalur Pendakian

Guna memudahkan perjalanan, kini calon pendaki bisa memanfaatkan layanan antar jemput menuju ke salah satu basecamp pendakian.

“Ini (layanan) baru. Kita kerja sama dengan pihak travel, tapi yang punya travel anak muda asli warga Linggajati. Dan ini inisiatif kami sendiri,” ungkap Ketua Ranger Basecamp Linggajati bernama Barna kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Untuk diketahui, Gunung Ciremai memiliki empat jalur pendakian resmi yakni Palutungan, Linggasana, dan Linggajati di Kabupaten Kuningan, serta Apuy di Kabupaten Majalengka.

Pria yang akrab disapa Jamers tersebut melanjutkan, inisiatif tersebut merupakan langkah untuk menggerakkan pemuda setempat.

Baca juga: Cara Reschedule Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan

Dia tidak menampik bahwa langkah tersebut merupakan upaya untuk membuat warga Linggajati semakin memiliki andil dalam bidang pariwisata, dalam hal ini transportasi untuk wisata pendakian.

“Betul sekali. Biar warga Linggajati, khususnya anak muda, bisa aktivitas. Jangan hanya bisa main games,” tutur Jamers.

Pendaki berfoto di pintu rimba Gunung Ciremai dari Base Camp Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki berfoto di pintu rimba Gunung Ciremai dari Base Camp Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bisa diantar ke basecamp mana saja?

Jamers mengatakan, meski inisiatif layanan antar jemput tersebut merupakan kerja sama dari Basecamp Linggajati, calon pendaki tidak harus turun di basecamp tersebut.

“Bisa ke basecamp lain juga. Soal harga menyesuaikan,” jelasnya.

Melalui layanan tersebut, calon pendaki dapat dijemput dari titik keberangkatan seperti rumah, terminal, stasiun, bandara, dan lain-lain.

Baca juga: Ide Staycation di Linggarjati Kuningan Saat Libur Lebaran

Adapun, titik penjemputan bisa berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), atau dari daerah lain seperti Jabodetabek.

“Jabodetabek Insha Allah kita siap untuk jemput. Tinggal halo, kita langsung jemput,” ucap Jamers.

Cara pesan layanan antar jemput pendakian Gunung Ciremai

Apabila ingin menghemat biaya transportasi saat hendak mendaki Gunung Ciremai, Jamers menuturkan bahwa calon pendaki bisa memanfaatkan layanan antar jemput dengan mengontak beberapa pihak.

Pendaki melewati jalur pendakian Gunung Ciremai dari Base Camp Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki melewati jalur pendakian Gunung Ciremai dari Base Camp Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk pemesanan atau sekadar bertanya via telepon atau WhatsApp, calon pendaki bisa menghubungi nomor +62812-7137-4550. Ada juga +62895-3240-55023 atas nama Jamers.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com