Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian Berwisata di Tawangmangu yang Sejuk dan Asri

Kompas.com - 02/07/2021, 11:20 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tawangmangu merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki begitu banyak tempat wisata yang sangat cantik dan menarik.

Terletak di dataran tinggi, Tawangmangu memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Tak heran jika tempat wisata alam di tempat ini selalu ramai dan menarik perhatian begitu banyak wisatawan.

Baca juga: Puncak Bukit Mongkrang Tawangmangu yang Sebenarnya, Pernah ke Sana?

Nah untuk kamu yang berencana menghabiskan akhir pekan di Tawangmangu, berikut ini adalah itinerary perjalan selama satu hari di tempat tersebut.

Pagi: Nikmati Sego Gablok yang Lezat

Tujuan pertama di Tawangmangu adalah Pasar Tradisional Tawangmangu. Pasar ini merupakan pusat perekonomian masyarakat Tawangmangu.

Terminal TawangmanguDinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Terminal Tawangmangu

Selain bisa menjumpai beragam barang kebutuhan yang dijual oleh masyarakat sekitar, kamu juga bisa menemukan beragam makanan khas yang nikmat. Salah satunya kuliner di sana adalah Sego Gablok.

Sego Gablok adalah makanan khas Tawangmangu yang terbuat dari beras dan santan Yang membuatnya begitu istimewa adalah proses memasak yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Baca juga: Sakura Hills Tawangmangu, Ada Spot Instagramable ala Jepang

 

Sego gablok ini biasa disajikan dengan beragam lauk pauk seperti bothok mlanding (petai cina), bothok ayam, ayamm dan bongko.

Pagi: Keliling dunia di Taman Balekambang

Sebagai pemanasan sebelum melakukan penjelajahan lebih lanjut, kamu bisa berkunjung ke Taman Wisata Balekambang. Lokasinya tepat di sampaing jalan utama Tawangmangu.

Di sana, kamu seolah berkeliling dunia. Itu karena terdapat ikon-ikon dunia, seperti menara Pisa yang bisa dijadikan latar belakang berfoto.

Baca juga: Lawu Park Tawangmangu Buka Kembali, Jumlah Pengunjung Dibatasi

Tempat ini juga pas bagi mereka yang membawa anak. Terdapat fasilitas tempat bermain anak di sini.

Siang: Sejuk dan Indahnya Grojogan Sewu

Tak akan lengkap rasanya berwisata ke Tawangmangu kalau belum mengunjungi Grojogan Sewu. Wisata berupa air terjun ini menjadi salah satu tujuan paling populer di Tawangmangu.

Air Terjun Grojogan Sewu yang Berada di Lereng Gunung LawuKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Air Terjun Grojogan Sewu yang Berada di Lereng Gunung Lawu

Air terjun yang berlokasi di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar ini menyuguhkan suasana asri dengan udara sejuk yang menyegarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com