Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Tutup Selama PPKM Darurat

Kompas.com - 02/07/2021, 17:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comCandi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko resmi ditutup selama penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

“Iya (ditutup semua). Kami ikut mendukung PPKM,” kata Direktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Meski begitu, tiga candi tersebut sebelumnya telah ditutup sejak jauh hari. Untuk Candi Borobudur, tempat wisata tersebut telah ditutup sejak 29 Juni.

Baca juga: 11 Wisata Cagar Budaya Yogyakarta Tutup Sementara, Termasuk Prambanan

Menurut informasi dalam akun Instagram @borobudurpark pada Senin (28/6/2021), tempat wisata tersebut ditutup mengikuti arahan dari Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang.

Adapun, SE Sekda Kabupaten Magelang Nomor 440.1/1926/01.01/2021 tentang Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke.

Penutupan juga berdasarkan SE Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Nomor 556/477/19/2021.

Baca juga: Klaten Zona Merah, Candi Prambanan Tutup Sementara hingga 5 Juli

Sementara untuk Candi Prambanan dan Ratu Boko, keduanya sudah ditutup sejak 21 Juni berdasarkan pemberitaan Kompas.com pada Rabu (23/6/2021).

Penutupan yang diperpanjang

Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram KunoWikimedia Commons Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Kendati ketiga candi tersebut memiliki tanggal periode penutupan yang berbeda, namun Edy menegaskan bahwa ketiganya akan serentak tetap tutup hingga PPKM Darurat berakhir.

“Tutup sampai dengan 20 Juli,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Candi Borobudur akan ditutup hingga informasi lebih lanjut. Sementara itu, Candi Prambanan dan Ratu Boko ditutup hingga 2 Juli.

Baca juga: Viral di Twitter Netizen Debat Siapa Pendiri Candi Prambanan, Ini Sejarahnya

Akan tetapi, menurut informasi dalam akun Instagram Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta yakni @bpcb_diy, penutupan Candi Prambanan diperpanjang.

“Penutupan sementara Candi Prambanan diperpanjang hingga 5 Juli untuk mencegah penyebaran Covid-19,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahannya, Selasa (29/6/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com