Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2021, 15:03 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Seluruh tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur tutup sementara mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Hal ini imbas dari diberlakukannya PPKM Darurat dari pemerintah pusat. Terlebih, Banyuwangi saat ini masuk zona merah Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M Y Bramuda meminta pengelola melakukan bersih-bersih tempat wisata selama penutupan sementara.

"Selama destinasi ditutup, kami juga menginstruksikan para pengelola destinasi wisata untuk melakukan bersih-bersih di lingkungan destinasi wisata," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Semua Tempat Wisata di Banyuwangi Tutup Selama PPKM Darurat

Ia melanjutkan bahwa dengan dilakukan bersih-bersih, tempat wisata sudah dalam keadaan steril, bersih, dan nyaman saat kembali buka nanti.

"Sehingga para pengunjung wisata tidak perlu ragu untuk mengunjungi destinasi wisata ketika sudah dibuka kembali." sambung Bramuda.

Penutupan sementara tempat wisata di Banyuwangi

Adapun, penutupan tempat wisata di Banyuwangi tertuang dalam SE nomor 049/SE/STPC/2021 tentang PPKM Darurat Corona Kabupaten Banyuwangi.

Dalam poin 12 surat tersebut fasilitas umum meliputi area publik, taman umum, tempat wisata umum, tempat ziarah, kolam renang atau pemandian umum, dan area publik lainnya ditutup sementara.

Pantai Boom di Banyuwangi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Boom di Banyuwangi.

Lalu pada poin 13 kegiatan seni/budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, karaoke dan tempat hiburan, sarana olahraga, serta kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) ditutup sementara.

"Kebijakan pembatasan ini akan berjalan selama 3-20 Juli, ini harus jadi perhatian. Ini targetnya menurunkan konfirmasi harian. Banyuwangi masuk di dalam level tiga," kata Bupati Banyuwnagi Ipuk Fiestiandani saat rapat koordinasi Satgas Covid-19 di Pendopo Banyuwangi, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Jam Buka Tempat Wisata di Banyuwangi Dibatasi Imbas Naiknya Kasus Covid-19

Per Jumat 2 Juli 2021 ada tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 59 dan tiga meninggal dunia di Banyuwangi. 

Secara kumualtif, ada 7.535 orang yang terpapar Covid-19, 489 kasus aktif dan 733 orang meninggal sejak pandemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com