Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KA Jarak Jauh Bisa Vaksin Covid-19 di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kompas.com - 04/07/2021, 10:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mulai adakan layanan vaksinasi Covid-19 bagi calon penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen sejak Jumat (3/7/2021).

Menurut keterangan pers yang Kompas.com terima, Minggu (4/7/2021), hal tersebut dilakukan sebagai dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 di sektor transportasi.

Baca juga: Update Syarat Naik KA Jarak Jauh Selama PPKM Darurat, GeNose Tak Berlaku

“Kegiatan vaksinasi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dibuka setiap hari pukul 08.00-12.00 WIB dengan jumlah ketersediaan 100 vaksin per hari,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Kriteria penumpang KA yang bisa divaksinasi

Untuk memanfaatkan layanan tersebut, berikut persyaratan dan kriteria yang perlu diperhatikan:

  • Berusia di atas 18 tahun
  • Belum pernah mendapatkan vaksin dosis pertama
  • Menunjukkan kode pemesanan yang sudah dibayar, atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku
  • Memiliki KTP karena NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin
  • Datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA
  • Berada dalam kondisi sehat seperti memiliki suhu tubuh normal yang suhunya tidak lebih dari 37,5 derajat celcius
  • Bagi ibu hamil, mereka bisa mendapatkan vaksin setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin

Baca juga: KA Baturraden Ekspres Jadi Alternatif Jurusan Bandung-Purwokerto melalui Cikampek

Sesuai aturan yang berlaku

Eva menjelaskan, layanan pemberian vaksin bagi penumpang KA Jarak Jauh tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adapun, aturan merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemehub) Nomor 41 Tahun 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021.

Penumpang kereta api berjalan setibanya dari Solo, Jawa Tengah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyampaikan, arus kedatangan penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh masih terpantau kondusif di Jakarta pada Senin (17/5/2021), volume kedatangan di Stasiun Pasar Senen berkisar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar 3.500 penumpang.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penumpang kereta api berjalan setibanya dari Solo, Jawa Tengah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyampaikan, arus kedatangan penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh masih terpantau kondusif di Jakarta pada Senin (17/5/2021), volume kedatangan di Stasiun Pasar Senen berkisar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar 3.500 penumpang.

SE Kemenhub Nomor 41 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

“Pada masa pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali yang telah ditetapkan mulai 3-20 Juli, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penyesuaian regulasi persyaratan keberangkatan penumpang KA,” tutur dia.

Eva melanjutkan, saat ini calon penumpang KA Jarak Jauh wajib melampirkan surat keterangan (suket) bebas Covid-19 hasil pemeriksaan PCR dengan hasil negatif yang berlaku 2x24 jam.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, PT KAI Tunda Peluncuran KA Nusa Tembini

Alternatif lainnya adalah suket negatif Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

“Selain itu, calon penumpang wajib melampirkan bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, sertifikat elektronik, maupun bukti elektronik vaksin yang menyatakan telah disuntik vaksin,” kata Eva.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI di antaranya adalah aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, contactcCenter 121 line (021)121, layanan pelanggan cs@kai.id, dan media sosial @keretaapikita @kai121.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com