Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat Jawa-Bali, TN Bali Barat Tidak Terima Wisatawan

Kompas.com - 04/07/2021, 14:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata di Pulau Dewata, yakni Taman Nasional Bali Barat (TNBB) menutup seluruh kunjungan wisata sejak 3 Juli 2021.

Mengutip informasi dalam akun Instagram @btn_balibarat, Jumat (2/7/2021), penutupan dilakukan berdasarkan diterapkannya PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli.

Penutupan juga dilakukan untuk meminimalkan dampak risiko dan menekan penyebaran Covid-19 bagi petugas, pengunjung, pelaku wisata, dan masyarakat.

Baca juga: Terbang ke Jawa dan Bali Harus Bawa Kartu Vaksin Covid-19

Keputusan itu dilakukan berdasarkan Surat Pengumuman Nomor PG.1035/T.16/TU/Um/7/2021 tentang Penutupan Kunjungan Wisata Pada Objek dan Daya Tarik Wisata Alam di Kawasan TNBB.

“Sehubungan dengan hal tersebut, obyek dan daya tarik wisata alam (ODTWA) pada kawasan Balai Taman Nasional Bali Barat dinyatakan tutup sampai dengan pemberitahuan selanjutnya,” seperti yang tertera dalam surat yang ditandatangani oleh Plt. Kepala TNBB Gebyar Andyono di Gilimanuk, Jumat.

Pesona TN Bali Barat

TNBB merupakan tempat wisata yang berlokasi di bagian barat Bali. Secara administratif, lokasinya masuk ke Kabupaten Jembaran dan Buleleng.

Tempat wisata ini juga dekat dengan Kota Banyuwangi lantaran lokasinya tidak terlalu jauh dari Gilimanuk atau pintu masuk wisatawan yang tiba dengan kapal dari Pulau Jawa.

Wisatawan sedang snorkling di sekitar Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (29/10/2017).KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan sedang snorkling di sekitar Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (29/10/2017).

Melansir Kompas.com, Kamis (24/9/2020), TNBB menawarkan pemandangan hutan lebat yang rimbun, air laut yang jernih, serta hijaunya pegunungan yang terlihat menawan.

Tempat wisata ini merupakan habitat burung elok jalak Bali yang merupakan spesies endemik Pulau Dewata. Jika beruntung, wisatawan yang sedang liburan di sana dapat melihatnya.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Buleleng Bali, Bisa ke TN Bali Barat

Selama berada di TNBB, pengunjung dapat melancong ke sejumlah spot wisata menarik seperti Pulau Menjangan, Pura Teluk Terima, dan Teluk Brumbun.

Sementara untuk kegiatan wisata yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya adalah snorkeling, diving, dan trekking.

Saat ini, TNBB tengah menutup pintu masuknya bagi wisatawan. Namun, kamu bisa catat dulu pesona yang ditawarkan supaya siap saat berkunjung ke sana jika pandemi Covid-19 sudah landai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com