Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Stadion Wembley, Tempat Final Euro 2020 Inggris Vs Italia

Kompas.com - 09/07/2021, 09:55 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pencinta sepak bola kini tengah menanti datangnya laga final Euro 2020. Pertandingan yang mempertemukan Inggris dan Italia itu akan digelar pada Minggu (11/7/2021) mendatang di Stadion Wembley, London, Inggris.

Sebagai tempat berlangsungnya final Euro 2020, Stadion Wembley menjadi perbincangan hangat. Memiliki arsitektur megah, stadion ini juga memiliki cerita yang menarik untuk dikupas.

Baca juga: Jadwal Final Euro 2020, Laga Idaman Italia Vs Inggris di Wembley

Berikut ini adalah 5 fakta unik dan menarik Stadion Wembley yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Stadion terbesar kedua di Eropa

Mengutip Design Build Network, Stadion Wembley memiliki kapasitas 90.000 tempat duduk. Stadion seluas 105 x 699 meter ini menjadi stadion terluas kedua di Eropa setelah Nou camp di Barcelona yang berkapasitaskan 98.000 kursi.

Ilustrasi Stadion Wembley, London, InggrisDok. WEMBLEYSTADIUM.com Ilustrasi Stadion Wembley, London, Inggris

Stadion Wembley juga menjadi stadion olahraga terbesar di Inggris. Tak heran jika stadion ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya laga final Piala Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA Cup) setiap tahunnya.

2. Stadion Wembley Sempat dirobohkan

Stadion Wembley sebenarnya dibangun pada tahun 1923. Bangunan lama stadion ini memiliki dua menara indah yang berdiri menjulang sebagai memoar sejarah olahraga Inggris.

Ilustrasi Stadion Wembley di London, InggrisDok. ANDERSKORGJORGENSEN/UNSPLASH.com Ilustrasi Stadion Wembley di London, Inggris

Sayangnya, bangunan lama Stadion Wembley ditutup pada tahun 2000 dan dirobohkan dua tahun kemudian. Pada tahun 2003, bangunan baru dengan nama yang sama didirikan di tempat tersebut.

Stadion Wembley yang baru ini kemudian kembali dibuka pada tahun 2007. Stadion ini juga menjadi rumah bagi Tim Nasional Inggris.

Baca juga: 5 Fakta Jelang Laga Inggris Vs Denmark, Skor Unik 1-0 di Wembley

3. Tempat beragam konser

Tak hanya berfungsi sebagai tempat diselenggarakannya beragam ajang olahraga, Stadion Wembley juga difungsikan sebagai lokasi perhelatan beragam konser musik berskala besar.

Freddie Mercury  tampil bersama Queen dalam konser Live Aid di Stadion Wembley, London, pada 13 Juli 1985.ENCYCLOPEDIA BRITANNICA / TRINITY MIRROR / MIRRORPIX / ALAMY Freddie Mercury tampil bersama Queen dalam konser Live Aid di Stadion Wembley, London, pada 13 Juli 1985.

Mengutip Concert Archives, salah satu konser bersejarah yang pernah digelar di bangunan ini adalah konser amal Live Aid yang juga menampilkan Queen. Acara ini diselenggarakan 3 Juli 1985 lalu dan dihadiri 72.000 penonton.

Sejumlah artis besar dunia pun pernah menggelar konser di tempat tersebut, seperti Spice Girl, Madona, Michael Jackson, Ed Sheeran, Talor Swift, dan BTS.

4. Stadion Wembley Sempat Tuai Kontroversi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com