Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2021, 11:59 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Jepang akan menerima pengajuan paspor vaksin mulai 26 Juli 2021 bagi mereka yang telah divaksinasi Covid-19 lengkap untuk melakukan perjalanan internasional.

Mengutip The Japan Times, hal tersebut diumumkan oleh juru bicara pemerintah pada Senin (12/7/2021).

Baca juga: Jepang Bakal Punya Paspor Vaksin Covid-19 untuk Jalan-jalan ke 10 Negara

Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan, beberapa kota mungkin dapat mengeluarkan sertifikat tersebut di hari yang sama dengan hari pengajuan. 

Dia melanjutkan, orang-orang harus mengajukan aplikasi di kota tempat mereka terdaftar sebagai penduduk pada saat mendapat vaksin. Sertifikat akan dikeluarkan secara gratis.

Situs Kementerian Luar Negeri Jepang akan menampilkan daftar negara dan wilayah yang akan melonggarkan tindakan karantina bagi mereka yang memiliki paspor vaksin.

Baca juga: Manga Jujutsu Kaisen Bikin Turis di Jepang Wisata ke Kuil Ini

Pernyataan tersebut muncul setelah Kato mengungkapkan tanggal penerimaan aplikasi dalam program televisi yang disiarkan pada Minggu (11/7/2021).

Dalam program yang disiarkan di NHK itu, Kato mengungkapkan, pemerintah juga akan mempertimbangkan apakah sertifikat akan digunakan untuk kegiatan ekonomi domestik sebagai tanggapan atas permintaan dari kalangan pengusaha. 

Ilustrasi Jepang - Osaka Castle.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Jepang - Osaka Castle.

“Kita tidak boleh membiarkan orang didiskriminasi, atau dipaksa secara tidak adil berdasarkan apakah mereka telah divaksin atau tidak,” tutur dia dalam program tersebut.

Sertifikat vaksin di Jepang

Sertifikat vaksin akan menjadi catatan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah kota. Mereka akan menunjukkan bahwa seseorang telah divaksin Covid-19 lengkap.

Sertifikat tersebut akan mencakup informasi tentang nama, nomor paspor, dan tanggal mereka mendapat vaksin Covid-19.

Baca juga: 4 Kuil Terseram di Jepang, Berani Uji Nyali di Sana?

Pada Juni, Kato mengatakan bahwa sertifikat akan dikeluarkan pada akhir Juli. Sebagai awalan, sertifikat akan dalam bentuk kertas. Sementara untuk format digitalnya akan dipertimbangkan lain waktu.

Lobi bisnis terbesar di Jepang bernama Japan Business Federation, juga dikenal Keidanren, telah mengusulkan penggunaan sertifikat untuk meningkatkan batas kehadiran di acara, dan untuk diskon restoran di Jepang.

Ilustrasi Jepang - Kuil Itsukushima.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Jepang - Kuil Itsukushima.

Vaksin paspor dan program vaksinasi di Jepang

Jepang sedang menyiapkan rencana agar paspor vaksin mereka diterima oleh lebih dari sepuluh negara termasuk Italia, Perancis, dan Yunani.

Mereka berharap, negara-negara tersebut akan mengecualikan para pemegang paspor vaksin Jepang dari persyaratan karantina atau mengurangi periode karantina.

Pemerintahan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga tengah meningkatkan program vaksinasi mereka yang lebih lambat dibandingkan dengan negara lain.

Baca juga: Ada Kuil untuk Boneka yang Terlupakan di Jepang, Berani Masuk?

Program ini dimulai pada Februari dengan penyuntikan vaksin dilakukan pada tenaga kesehatan, sebelum diperluas kepada masyarakat berusia 65 tahun ke atas pada April.

Sementara itu, pemberian vaksin kepada orang-orang berusia di bawah 65 tahun baru saja dimulai di beberapa kota, dan oleh perusahaan untuk karyawan mereka.

Suga mengatakan bahwa dia berniat untuk menyelesaikan penyuntikan vaksin kepada seluruh orang yang memenuhi syarat di Jepang dan yang ingin divaksin pada November.

Selain Jepang, Uni Eropa (UE) dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) juga memperkenalkan sertifikat vaksin untuk pelancong internasional dari negara-negara anggota mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com