Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kendala yang Ditemui Saat Naik KA Jarak Jauh Selama PPKM Darurat

Kompas.com - 20/07/2021, 08:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) berlakukan syarat naik KA Jarak Jauh yang lebih ketat selama PPKM Darurat yakini pada 3-20 Juli 2021.

Meski begitu, hal tersebut tidak mengurungkan niat sebagian masyarkat untuk bepergian dengan moda transportasi yang mudah dijangkau ini.

Salah satunya adalah Nadhifa yang berangkat ke Yogyakarta dari Jakarta pada Selasa (6/7/2021). Tetapi, dia sempat mengalami beberapa kendala saat naik KA Jarak Jauh selama PPKM Darurat.

Baca juga: Pengalaman Naik KA Jarak Jauh saat PPKM Darurat, Pemeriksaan Berkas Secepat Kilat

“Waktu hari H keberangkatan aku sampai di stasiun, stasuinnya sepi banget. Dan aku baru tahu di situ kalau ternyata kereta aku dibatalkan tanpa pemberitahuan ke aku sama sekali,” ungkap dia, Senin (19/7/2021).

Senada dengan Nadhifa, penumpang KA Jarak Jauh lainnya bernama Dita Yulinda Putri mengatakan bahwa dirinya sempat mengalami kesulitan terkait syarat kartu vaksin Covid-19.

Adapun, dia melakukan perjalanan KA Jarak Jauh dari Malang menuju Jakarta pada Kamis (15/7/2021) lalu.

5 Kendala naik KA jarak jauh saat PPKM Darurat

Selain itu, ada lagi kendala lain yang keduanya hadapi selama naik KA Jarak Jauh saat PPKM Darurat berlangsung. Berikut Kompas.com rangkum:

1. Kereta dibatalkan tanpa pemberitahuan

Nadhifa mengatakan, sebenarnya dia sudah memesan dari jauh hari tiket ke Yogyakarta untuk keberangkatan Senin (5/7/2021) pukul 09.00 WIB.

Kendati demikian setibanya di stasiun pada hari keberangkatan, kereta yang seharusnya ditumpangi dibatalkan keberangkatannya tanpa pemberitahuan kepadanya.

Baca juga: PPKM Darurat, Daop 1 Jakarta Batasi Perjalanan KA Jarak Jauh

“Jadi memang ternyata sejak PPKM itu ada beberapa kereta yang enggak beroperasi, dan satu-satunya keberangkatan ke Jogja pada hari itu dan seterusnya, mungkin selama PPKM, cuma ada di jam 8 pagi,” tutur Nadhifa.

Alhasil, dia pun melakukan penjadwalan ulang untuk keberangkatan pada Selasa pukul 08:00 WIB.

2. Jam operasional rapid antigen dan nomor urut yang jauh

Salah satu syarat wajib untuk naik KA Jarak Jauh selama PPKM Darurat adalah menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes rapid antigen.

Pada hari keberangkatan, Nadhifa beranjak ke Stasiun Gambir untuk melakukan tes tersebut. Dia tiba di sana sekitar pukul 06.45 WIB. Dia menceritakan, antrean untuk vaksin dan rapid antigen terbilang cukup ramai.

Baca juga: Idul Adha, KA Jarak Jauh Daop 1 Jakarta Hanya Layani Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com