Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Talang di Sumatera Barat Masih Buka untuk Pendakian

Kompas.com - 21/07/2021, 17:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber

 

KOMPAS.comGunung Talang di Sumatera Barat masih dibuka calon pendaki yang tidak sabar mengunjungi atap Sumatera setinggi 2.597 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Ketua Jalur Pendakian Gunung Talang via Aia Batumbuk bernama Bendrianto mengonfirmasi hal tersebut kepada Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

“(Jalur pendakian masih) buka,” ungkap dia.

Adapun, gunung yang berlokasi di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, ini memiliki tiga jalur pendakian resmi yakni Aie Batumbuak, Seroja, dan Bukik Bulek.

Baca juga: Mendaki Gunung Talang, Pesona Tiga Danau di Bumi Rendang

Bendrianto menuturkan, seluruh jalur tersebut saat ini dapat dilalui oleh calon pendaki yang telah mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan melewati prosedur pemeriksaan suhu tubuh.

Melansir Kontan.co.id, Sabtu (10/7/2021), Kabupaten Solok tidak termasuk dalam perluasan PPKM Jawa-Bali yang dimulai sejak 12 Juli 2021.

Di Provinsi Sumatera Barat, kota dan kabupaten yang termasuk dalam perluasan kebijakan tersebut adalah Kota Padang Panjang, Kota Padang, dan Kota Bukittinggi.

Pesona Gunung Talang

Pendaki melewati Kawah Utama Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2/2016). Kawah Utama adalah salah satu sumber aktivitas vulkanis Gunung Talang yang terbentuk akibat letusan pada 12 April 2005.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pendaki melewati Kawah Utama Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2/2016). Kawah Utama adalah salah satu sumber aktivitas vulkanis Gunung Talang yang terbentuk akibat letusan pada 12 April 2005.

Gunung Talang merupakan gunung di Sumatera yang menawarkan pemandangan tiga danau indah di Kabupaten Solok.

Adapun, tiga danau tersebut adalah Danau Di Atas di Kecamatan Lembah Gumanti, Danau Di Bawah di Kecamatan Lembang Jaya, dan Danau Talang di Kecamatan Danau Kembar.

Baca juga: Tips Mendaki Gunung Talang Via Jalur Ai Batumbuk

Melansir Kompas.com, Sabtu (16/7/2016), pemandangan tersebut merupakan salah satu daya tarik wisata yang dapat dinikmati oleh para pendaki.

Untuk menikmatinya, para pendaki harus mendaki hingga pos atau Rambu 46 (disebut R46) dari jalur pendakian via Aie Batumbuak. Apabila ingin melihat Bukit Sileh, mereka harus mencapai puncak terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com