Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Anak Nasional, Galeri Nasional Adakan Virtual Tour Gratis

Kompas.com - 22/07/2021, 08:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.comGaleri Nasional Indonesia (GNI), Jakarta Pusat, akan memperingati Hari Anak Nasional dengan mengadakan wisata virtual gratis pada 23 Juli 2021 pukul 10.00 – 11.30 WIB.

Kegiatan yang dilakukan melalui platform Zoom ini akan memanfaatkan teknologi video 360 derajat dan green screen.

Dalam kegiatan bertajuk Virtual Tour Rori ini, anak-anak akan diajak mengenal karya dan tokoh seni rupa melalui tiga pendekatan kuratorial.

Baca juga: Bosan di Rumah Aja? Coba Ikutan Tantangan Tiru Karya Seni #TussenKunstenQuarantaine dari Galeri Nasional

Bagian pertama, yakni Monumen Ingatan, akan menampilkan koleksi GNI yang dikontekstualisasikan dalam perkembangan sejarah nasional.

Sementara, bagian kedua yang bernama Paris 1959 Jakarta 1995 akan memperlihatkan koleksi internasional yang bersumber dari dua peristiwa penting.

Adapun, peristiwa pertama berkaitan dengan hibah seniman-seniman dunia yang berbasis di Paris di tahun 1959 melalui Atase Kebudayaan dan Pers Ilen Surianegara. Sedangkan, peristiwa kedua berkaitan dengan hibah peserta Pameran Gerakan Non-Blok tahun 1995 di Jakarta.

Pada bagian terakhir, yakni Kode /D, terdapat pameran tematik yang menampilkan koleksi dari 20 Tahun Akuisisi Karya Seni Rupa oleh GNI periode 1999-2019.

Baca juga: Spot Instagramable di Galeri Nasional Indonesia

Gedung Galeri Nasional Indonesia bergaya kolonial Belanda, bisa jadi salah satu spot foto, Jakarta, Kamis (11/1/2018). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Gedung Galeri Nasional Indonesia bergaya kolonial Belanda, bisa jadi salah satu spot foto, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Karya yang dipilih untuk wisata virtual ini mengandung objek yang dekat dengan keseharian peserta, di antaranya figur keluarga, tanaman, hewan, dan warna.

Objek-objek tersebut dapat ditemui di banyak lukisan, antara lain Kapal Tenggelam karya Raden Saleh, Kakak dan Adik karya Basoeki Abdullah, Ibu karya Affandi, dan Kucing karya Popo Iskandar.

“Bagi Galeri Nasional Indonesia, tur virtual ini adalah yang pertama dan khusus ditujukan bagi anak-anak. Tentunya materi tur virtual juga disesuaikan. Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Pameran Seni Rupa Anak Indonesia Digelar di Galeri Nasional

Wisata virtual ini merupakan hasil kolaborasi antara GNI, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, dengan situs web parenting theAsianparent (tAp) Indonesia.

Jika berminat mengikuti wisata virtual ini, masyarakat bisa mendaftar melalui tautan https://form.theasianparent.com/ozv0b9ml.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com