Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi di Kampoeng Kopi Banaran, Berlatar Panorama Rawa Pening dan 7 Pegunungan

Kompas.com - 22/07/2021, 17:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah lokasi vaksinasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menawarkan pengalaman disuntik sambil menikmati pemandangan Rawa Pening dan tujuh pegunungan.

Tempatnya berada di Kampoeng Kopi Banaran, tepatnya di Restoran Banaran Skyview.

Tempat wisata itu dipilih guna menarik minat masyarakat yang ragu atau takut divaksinasi. Hamparan pegunungan yang hijau diharapkan membantu mereka untuk rileks dan mengurangi stres.

Adapun, program vaksinasi bertajuk Vaccine in the Sky ini digelar pada 22-23 Juli 2021 dengan target 2.000 dosis vaksin.

Baca juga: Vaksinasi Unik di Gunungkidul, Dilakukan di Tempat Wisata dengan Pemandangan Indah

Program ini memberi vaksin kepada pelaku pariwisata, karyawan Kampoeng Kopi Banaran, karyawan PTPN IX serta keluarganya, dan masyarakat sekitar. Pemberian vaksinasi dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Komando Distrik Militer 7014 Salatiga.

Untuk mencegah kerumunan, program ini menerapkan sistem waiting list dan batch untuk peserta. Sistem itu juga didukung dengan alat visitor account yang akan diperbarui secara langsung.

Salah satu peserta program vaksinasi Covid-19 Vaccine in the Sky di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa TengahDok. Kampoeng Kopi Banaran Salah satu peserta program vaksinasi Covid-19 Vaccine in the Sky di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

GM Kampoeng Kopi Banaran, Frina Bonita, menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan program vaksinasi itu.

"Sebagai salah satu pelaku pariwisata, kami merasakan langsung dampak dari kebijakan terkait pandemi. Karena itu kami mendukung program pemerintah untuk melakukan percepatan vaksin untuk memutus mata rantai Covid-19," ujar Frina dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Melalui kegiatan vaksinasi ini, ia berharap industri pariwisata di Kabupaten Semarang dapat bangki kembali.

Baca juga: Wisata Kampoeng Kopi Banaran Dikelola Dyandra Promosindo, Sasar Wisatawan Milenial

Program Vaccine in the Sky merupakan hasil kerja sama antara Kampoeng Kopi Banaran dan PTPN IX dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kabupaten Semarang dan Kodam IV/Diponegoro.

Ketua PHRI Kabupaten Semarang, Fitri Rizani, berharap agar program vaksinasi ini dapat berdampak positif terhadap kebijakan pariwisata di masa pandemi.

"Selain pemberian vaksin, sektor pariwisata khususnya di Kabupaten Semarang jyga sudah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability)," katanya. 

Baca juga: Libur Lebaran, Saatnya Wisata Petik Kopi di Kampoeng Kopi Banaran

 

Kampoeng Kopi Banaran

Coffee Camp di Kampung Kopi BanaranKOMPAS.com/Dian Ade Permana Coffee Camp di Kampung Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan tempat wisata seluas 40 hektar.

Tempat tersebut berada di area perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan, tepatnya di Jl. Raya Semarang  - Solo Km 35. 

Suhu udara di lokasi tersebut relatif sejuk antara 23-27 derajat Celsius. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com