Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik! Pendakian Gunung Bismo akan Dibuka Lagi 26 Juli 2021

Kompas.com - 25/07/2021, 20:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Gunung Bismo yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah akan dibuka kembali mulai Senin (26/7/2021).

Perwakilan Basecamp Pendakian Gunung Bismo via Silandak, Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah bernama Subekhi mengonfirmasi hal tersebut kepada Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Catatan Panduan Pendakian Gunung Bismo via Silandak Bagian 1

“Iya (tanggal pembukaan berlaku untuk jalur pendakian lain). Paling ada yang 27 Juli 2021,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu, jalur pendakian Gunung Bismo via Sikunang baru akan dibuka kembali mulai Selasa (27/7/2021).

Mengutip informasi dalam akun Instagram @gunungbismoviasikunang, Jumat (23/7/2021), hal tersebut diumumkan lewat surat keluargan Organisasi Pencinta Alam Cokro Adjie Bismo Dusun Sikunang.

Baca juga: Catatan Panduan Pendakian Gunung Bismo via Silandak Bagian 2

“Pendakian Gunung Bismo via Sikunang akan dibuka kembali mulai tanggal 27 Juli 2021 dan harap untuk mematuhi protokol kesehatan seperti biasa (membawa surat keterangan sehat, memakai masker, dan yang lainnya),” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan.

Subekhi mengatakan bahwa rata-rata jalur pendakian Gunung Bismo akan mulai dibuka antara 26 atau 27 Juli. Namun, jalur yang sudah pasti akan dibuka Senin adalah via Silandak.

Puncak Gunung Bismo yang memanjang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Gunung Bismo yang memanjang.

Sembari menunggu tanggal pembukaan kembali, dia menuturkan bahwa pihaknya selama penutupan jalur kerap melakukan sejumlah persiapan, termasuk persiapan sarana dan prasarana.

“Sudah pasti kalau itu. Pembenahan-pembenahan sudah selesai. Untuk fasilitas protokol kesehatan sudah ada sejak awal pandemi. Pembenahan camp area (sudah),” ujarnya.

Pembukaan jalur pendakian Gunung Bismo via Silandak juga diumumkan lewat akun Instagram @gunung_bismo_silandak pada Minggu.

Baca juga: 7 Tips Mendaki Gunung Bismo via Silandak Saat Musim Hujan

Akun tersebut mengumumkan, jika ingin mendaki, basecamp mulai dibuka pukul 08.00-24.00 WIB dengan HTM dan fasilitas Rp 25.000 per orang, serta biaya penitipan motor Rp 10.000 per orang.

Untuk diketahui, Gunung Bismo yang berada pada ketinggian 2.365 meter dari permukaan laut (mdpl) memiliki lima jalur pendakian resmi.

Adapun, jalur-jalur tersebut adalah jalur pendakian via Silandak, Deroduwur, Pulosari, Ngadam, dan Sikunang.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Jalur Jogja-Dieng via Wonosobo Naik Motor

Sebelumnya, seluruh jalur pendakian Gunung Bismo ditutup selama PPKM Darurat. Namun, tanggal penutupan tidak serentak meski periodenya hingga 20 Juli 2021 sebelum diperpanjang hingga 25 Juli.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu, jalur pendakian via Deroduwur mulai ditutup pada 4 Juli sementara via Silandak dan Sikunang mulai ditutup pada 5 Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com