Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Gunungkidul Masih Tutup Sampai 2 Agustus 2021, Jangan Kecele

Kompas.com - 26/07/2021, 19:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya memutuskan menutup tempat wisata sampai Senin (2/7/2021).

Keputusan itu dilakukan sehubungan dengan perpanjangan PPKM Darurat yang diperpanjang sampai tanggal tersebut.

Ini merupakan perpanjangan waktu kedua PPKM Darurat yang semula dijadwalkan selesai pada Selasa (20/7/2021). PPKM Darurat sudah diperpanjang sampai Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Gunungkidul Lakukan Vaksinasi di Kawasan Wisata Religi Pura Pantai Ngobaran

Namun pada Minggu, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa PPKM Darurat kembali diperpanjang. Ini merupakan perpanjangan waktu ketiga PPKM Darurat atau PPKM Level 4 Jawa-Bali.

Adapun, pengumuman perpanjangan penutupan tempat wisata di Gunungkidul tercantum dalam salah satu postingan akun Instagram Dinas Pariwisata Gunungkidul di @pariwisata-gunungkidul, Senin (26/7/2021).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dispar Kab. Gunungkidul (@pariwisata_gunungkidul)

Dalam postingan tersebut, tertulis bahwa seluruh tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul tutup tanggal 26 Juli 2021 sampai 2 Agustus 2021.

“Mari bersama-sama kita dukung program pemerintah dalam upaya pengendalian penyebaran virus Covid-19. Destinasi wisata Gunungkidul masih tutup ya sobat wisata. Semoga kondisi segera membaik, pandemi segera berakhir,” tulis caption postingan itu.

Sudah bersiap sambut wisatawan

Tempat-tempat wisata di Gunungkidul sebenarnya sudah siap menyambut kembali wisatawan mulai Senin (26/7/2021).

Diberitakan Kompas.com, Minggu (25/7/2021), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran, Gunungkidul bernama Mursidi mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan diri menyambut wisatawan.

Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, YogyakartaKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

"Secara umum kita sudah siap, tinggal menunggu kapan diperbolehkan buka kembali," kata Mursidi.

Namun, saat itu Dinas Pariwisata Gunungkidul dan pelaku wisata di sana masih menunggu keputusan pemerintah pusat apakah PPKM Darurat masih akan diperpanjang atau tidak.

Baca juga: Kawasan Wisata Gunungkidul dan Bantul Ditutup hingga PPKM Usai

Kalau besok ada kebijakan lebih lanjut dan ada pelonggaran, tentu saja harapannya untuk pelaku wisata dan wisatawan lebih taat protokol kesehatan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com