Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Meksiko Wajibkan Turis dan Karyawannya Bawa Kartu Vaksin

Kompas.com - 30/07/2021, 18:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comQuintana Roo, sebuah negara bagian di Meksiko, mewajibkan wisatawan untuk menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes Covid-19 untuk masuk ke sejumlah tempat wisata. 

Adapun untuk hasil negatif Covid-19, sampelnya diambil di bawah 72 jam. 

Melansir Travel Pulse, Kamis (29/7/2021), kebijakan yang juga wajib bagi karyawan tersebut diumumkan oleh Gubernur Quintana Roo Caros Joaqin, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Island of the Dolls di Meksiko, Pulau Seram Penuh Boneka dengan Cerita Pilu

Dia mewajibkan bisnis-bisnis di sana termasuki hotel, restoran, bar, pusat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya untuk mewajibkan tamu menunjukkan dua dokumen tersebut sebelum memasuki area.

Adapun, Quintana Roo yang termasuk bagian dari Semenanjung Yucatan merupakan rumah bagi kawasan wisata yang terkenal, seperti Cancun, Riviera Maya, Playa del Carmen, Puerto Morelos, Cozumel, dan situs Tulum Mayan kuno.

Pada Sabtu (24/7/2021), Joaquin juga mengingatkan, bisnis-bisnis di sana harus terus membatasi kapasitas maksimal 50 persen.

Baca juga: Lucu, Resor Nickelodeon di Meksiko Ini Ramai Dekorasi Kartun

Selain itu, restoran dan bar juga harus tutup pukul 24.00 waktu setempat sesuai dengan aturan yang diterapkan di negara bagian tersebut. Dia menegaskan, setiap usaha yang melanggar aturan akan dikenakan sanksi.

Menurut sistem pemantauan di Meksiko, Quintana Roo berada dalam kategori oranye atau berisiko tinggi.

Ilustrasi Meksiko - Pemandangan pantai dekat reruntuhan Tulum di Quintana Roo, sebuah negara bagian di Meksiko.SHUTTERSTOCK / By Simon Dannhauer Ilustrasi Meksiko - Pemandangan pantai dekat reruntuhan Tulum di Quintana Roo, sebuah negara bagian di Meksiko.

Saat ini, Meksiko melaporkan tingkat infeksi Covid-19 baru tertinggi sejak Januari 2021 dengan rata-rata hampir 14.000 kasus setiap hari, atau mengalami peningkatan 27 persen dari pekan lalu.

Mexico News Daily melaporkan, Quintana Roo merupakan salah satu dari beberapa negara bagian yang mengalami peningkatan tingkat penularan sejak varian Delta memasuki negara tersebut.

Baca juga: Bukan Tortilla, Ini 3 Kuliner Meksiko yang Patut Dicoba

Negara bagian lain yang punya aturan bawa kartu vaksin

Selain Quintana Roo, ada juga Kota Mazatlan di negara bagian bernama Sinaloa—letaknya di pantai barat Meksiko—yang menerapkan aturan serupa.

Walikota Mazatlan, Luis Guillermo Benitez Torres, telah menetapkan bahwa para tamu hotel harus menunjukkan kartu vaksin atau tes Covid-19 terbaru jika ingin masuk.

Baca juga: Proyek Pembangunan Ancam Situs Bersejarah Teotihuacan di Meksiko

Adapun, saat ini Sinaloa merupakan satu-satunya negara bagian di Meksiko yang masuk dalam kategori merah atau risiko maksimum.

Mengutip Forbes, sebagai bagian dari kebijakan yang mulai berlaku pada 2 Agustus 2021, Torres mengatakan bahwa baik pengunjung maupun penduduk setempat harus membawa kartu vaksin mereka kemana saja.

Baca juga: Resor di Meksiko Tawarkan Liburan Gratis Selama 20 Tahun, Ini Syaratnya

Entah itu saat mereka berada di tempat publik termasuk bar, restoran, pusat ritel, dan lain-lain. Dia juga mengingatkan, semua orang wajib memakai masker di tempat umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com