Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Malang Sederet Fasilitas Bekas Olimpiade yang Terlupakan, Mana Saja?

Kompas.com - 31/07/2021, 10:10 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olimpiade orlahraga merupakan ajang internasional yang digelar empat tahun sekali dengan tuan rumah yang berbeda.

Sebagai perhelatan akbar di bidang olahraga, negara yang menjadi tuan rumah melakukan beragam persiapan, termasuk membangun banyak fasilitas pendukung.

Sayangnya, tidak semua fasilitas tersebut bisa terus digunakan saat olimpiade berakhir. Alhasil beberapa fasilitas ada yang jadi terbengkalai dan terlupakan.

Baca juga: Oleh-oleh Unik Olimpiade Tokyo 2020, Dari Kimono sampai Teko

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah sederet tempat bekas olimpiade yang terlupakan dan tak terawat di beragam negara.

Wisma Olimpiade Hitler, Jerman

Berlin menjadi tuan rumah untuk Olimpiade Musim Panas 1936. Salah satu fasilitas yang dibangun untuk mendukung kompetisi internasional tersebut adalah Wisma Olimpiade di Elstal, Wustermark, Berlin, Jerman.

berlin olympics village dok. shutterstock berlin olympics village dok. shutterstock

Dilansir dari The Insider, Berlin Olympic Village kini menjadi bangunan kosong yang terbengkalai. Bangunan ini mengalami sejumlah kerusakan karena tak lagi dirawat dan dipergunakan.

Bagunan aula yang berbentu tapal kuda menjadi bagian utama gedung ini. Bangunan tersebut memiliki 38 ruang makan para atlet dari beragam negara.

Area tersebut sempat difungsikan sebagai lokasi introgasi dan penyiksaan di masa kejayaan Komunis. Selama 50 tahun, pasukan Uni Soviet menguasai wilayah tersebut.

Baca juga: Mengenal Kabuki, Teater Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Salah satu pengembang real estate di Jerman, Terraplan, diketahui tengah melakukan renovasi pada sebagian besar bangunan bekas wisma tersebut. Pemerintah berharap hal ini bisa menjadi bentuk komitmen dari investor di masa mendatang.

Stadion Kosovo di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina

Olimpiade Musim Dingin 1984 diselenggarakan kurang dari satu dekade sebelum Perang Bosnia terjadi. Akibatnya, fasilitas-fasilitas yang sudah di bangun di kota Sarajevo terbengkalai.

Sarajevo dulunya merupakan sebuah kota yang terletak di Yugoslavia. Namun karena perang tersebut, Yugoslavia terpecah menjadi Bosnia-Haezagovina, Kroasia, Kosovo, Montegro, Makedonia Utara, Serbia, dan Slovenia.

stadion kosovo di sarajevo dok. shutterstock stadion kosovo di sarajevo dok. shutterstock

Meski Sarajevo tersebut sudah pulih dan dilakukan renovasi besar-besaran di berbagai sudut, bekas Olimpiade Musim Dingin 1984 menjadi tak terurus dan terlupakan.

Salah satunya adalah Stadion Kosovo yang dulunya menjadi tempat opnening ceremony Olimpiade Musim Dingin Sarajevo. Sayangnya, bangunan tersebut kini tak lagi dipakai dan menjadi rumah dari anjing-anjing jalan yang terlantar.

Baca juga: Disebut Cegah Seks Bebas, Ini 4 Fakta Ranjang Kardus Olimpiade Tokyo 2020

Tak hanya itu, arena luncur tempat perlombaan ski jumping dalam perhelatan akbar tersebut kini juga tak terawat dan terbengkalai.

Stadion Atlanta-Fulton County, Georgia

Olimpiade Musim Panas 1996 diselenggarakan di Atlanta, Georgia. Salah satu tempat diselenggarakannya perlombaan adalah Stadion Atlanta-Fulton County.

atlanta olympic stadium dok. shutterstock atlanta olympic stadium dok. shutterstock

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com