Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Biaya Karantina di Hotel, Dibanderol Mulai Rp 6,5 Jutaan

Kompas.com - 03/08/2021, 15:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Koordinator Hotel Repatriasi, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Vivi Herlambang mengatakan, kisaran biaya karantina di hotel dibanderol mulai dari Rp 6,5 jutaan.

“Hotel repatriasi bukan merupakan hotel isolasi mandiri karena hasil PCR positif. Harga hotel repatriasi bintang 3 Rp 6,5 juta-Rp 7,5 juta. Harga nett untuk single occupancy. Bila ada tambahan pax dan kamar berbeda, harga bisa berubah,” ujar dia, Senin (2/8/2021).

Adapun, karantina di hotel repatriasi merupakan kewajiban bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang tiba di Indonesia.

Baca juga: Daftar Lengkap 63 Hotel Karantina di Jakarta untuk WNA dan WNI

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum rincian kisaran harga karantina di hotel berdasarkan paparan Vivi, Selasa (3/8/2021).

Kisaran biaya karantina di hotel

  • Bintang 3 memiliki kisaran Rp 6,5 juta - Rp 7,5 juta
  • Bintang 4 memiliki kisaran Rp 7,5 juta - Rp 10 juta
  • Bintang 5 memiliki kisaran Rp 10 juta - Rp 14 juta
  • Luxury memiliki kisaran Rp 14 juta - Rp 20 juta

Untuk ketentuan harga di atas, selain hanya untuk satu tamu, harga sudah termasuk kamar untuk menginap selama 7 malam 8 hari.

Baca juga: Daftar 20 Hotel di Zona Hijau Bali untuk Karantina WNA dan WNI

Kemudian, harga juga sudah mencakup makan tiga kali sehari, air mineral dua sampai empat botol per hari di luar makan, laundry lima potong pakaian per orang per hari, tes PCR dua kali, dan penjemputan dari bandara ke hotel.

Ilustrasi hotelwhyframestudio Ilustrasi hotel

Dia juga menuturkan, jika tamu ingin memesan layanan kamar, harga sesuai ketentuan dari masing-masing hotel dan tidak termasuk dalam harga paket yang ditawarkan.

Baca juga: Jangan Bingung Saat Pesan Kamar, Ini Penjelasan Jenis Kamar Hotel

Terkait protokol kesehatan, Vivi menegaskan bahwa calon tamu tidak perlu khawatir karena hotel-hotel yang masuk dalam kategori hotel repatriasi telah menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

Proses pemberian makanan adalah salah satunya. Pihak hotel akan menaruhnya di depan pintu kamar. Tamu dipersilakan untuk mengambilnya sendiri.

Baca juga: Daftar 25 Hotel Terindah di Dunia 2021 Versi TripAdvisor, Indonesia Termasuk

“Berlaku untuk hotel repatriasi mandiri. Tamu bayar sendiri di hotel sesuai ketentuan, hotel membayar semua biaya tenaga kesehatan dan keamanan,” jelas Vivi.

“Khusus untuk PMI atau mahasiswa, tersedia Wisma Pademangan yang gratis. Tes PCR menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com