Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wengi, Wahana Misteri dengan Konsep VR Digelar pada Oktober 2021

Kompas.com - 04/08/2021, 16:26 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

 

KOMPAS.com - Acara bertema misteri di Indonesia, baik di televisi maupun YouTube, umumnya mengajak penonton menjelajahi sebuah tempat guna mencari tahu cerita di baliknya. 

Berangkat dari kegiatan tersebut, sebuah wahana misteri bernama Wengi hadir untuk menjawab rasa penasaran masyarakat akan kegiatan penelusuran dan berkomunikasi dengan makhluk alam lain. 

Wahana berkonsep virtual reality (VR) ini akan digelar secara roadshow mulai Oktober 2021 di Yogyakarta, kemudian berlanjut ke Surabaya, Semarang, Jakarta, dan Bandung pada Maret 2022. 

Untuk di Yogyakarta, Wengi akan diadakan mulai 8 Oktober hingga 7 November 2021. 

Baca juga: 5 Tur Bertemu Hantu di Luar Negeri, Seram!

Awalnya, Wengi direncanakan untuk dimulai di Jakarta pada September 2021, tetapi terpaksa diundur akibat situasi pandemi Covid-19.

"Keputusan ini sesungguhnya sangat berat, tetapi kami sebagai pihak penyelenggara telah sepakat untuk lebih mengutamakan kondisi kesehatan dan berkomitmen untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Untuk kota-kota lainnya sementara ini tidak ada perubahan jadwal," kata General Manager Panorama Live Andriani Tirtawisata melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Wahana misteri ini merupakan hasil kerja sama antara Panorama Live dengan kanal YouTube Diary Misteri Sara dan Rekata Studio. 

Baca juga: Seram dan Mencekam! Tips Bermain Wahana Rumah Hantu

Adapun Diary Misteri Sara adalah kanal YouTube yang salah satu acara utamanya adalah menelusuri sebuah lokasi, lalu membagikan cerita dari makhluk alam lain yang ada di tempat tersebut. 

Sara Wijayanto dari Diary Misteri Sara di balik layar Wengi.Dok. Wengi Sara Wijayanto dari Diary Misteri Sara di balik layar Wengi.

Diadakan secara offline dan online

Wengi akan mengajak peserta untuk merasakan apa yang dialami Sara Wijayanto, seorang psychic light trance medium dari Diary Misteri Sara. 

Acara tersebut akan diadakan secara offline dan online berdurasi 20-25 menit karena peserta akan dibawa ke sebuah area yang telah dirancang sebelumnya.

Baca juga: Saat Teknologi VR Dipakai di Wahana Rumah Hantu

Di akhir perjalanan, peserta akan mengikuti penelusuran misteri bersama tim dari Diary Misteri Sara. Mereka juga dapat memilih satu dari empat jalan cerita yang berbeda. 

Adapun konsep VR dipilih karena dalam sebuah penelusuran yang sesungguhnya, energi dari makhluk alam lain yang sedang diajak berkomunikasi sangat besar, dan belum tentu semua orang memiliki ketahanan fisik yang kuat. 

Baca juga: Begitu Seram, Angkernya Halloween Horror Nights Bikin Bulu Kuduk Merinding

Menerapkan protokol kesehatan

Dilansir dari situs web resminya, para peserta tetap harus menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti acara, di antaranya dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Mereka diharapkan membawa surat keterangan sehat berupa hasil swab antigen dan/atau memperlihatkan sertifikat vaksin Covid-19 saat melakukan registrasi ulang di area acara. 

Selain itu, mereka juga harus berusia 13-59 tahun, serta membawa smartphone beserta paket data yang cukup untuk mengikuti acara tersebut, earphone, dan hand sanitizer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com