Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2021, 21:12 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com – Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo (YIA) akan beroperasi mulai 17 Agustus 2021.

Saat ini pembangunan di kawasan Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA masih dilakukan.

PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) tengah membangun peron Stasiun KA Bandara seluas 4.000 meter persegi yang dapat menampung 200 orang. Progres pembangunannya telah mencapai 96 persen.

Tak hanya itu, Stasiun KA Bandara juga dilengkapi dengan overcapping peron dengan panjang 200 meter dan lebar 20 meter. Proses pengerjaannya telah mencapai 75 persen.

Baca juga: Ada Shuttle Bandara YIA ke Hotel di Yogyakarta, Harga Rp 60 Ribuan

Seluruh pembangunan Stasiun KA Bandara ditargetkan rampung pada 14 Agustus, sehingga stasiun tersebut bisa mulai melayani penumpang pada 17 Agustus.

Sebelumnya, uji coba lintasan KA Bandara YIA dengan jalur Stasiun Kedundang – Stasiun YIA oleh PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) telah dilakukan, Kamis (5/8/2021).

Uji coba tersebut meliputi pengecekan jalur lanjutan dengan lokomotif yang sebelumnya juga telah dilakukan pada 19 Juli 2021.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sekitar Bandara YIA yang Bisa Dikunjungi

Kereta api di Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo.Dok. PT Angkasa Pura I Kereta api di Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo.

Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi bersyukur bahwa uji coba tersebut berjalan lancar.

“Nantinya, Stasiun YIA akan terhubung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta untuk mengakomodir penumpang pesawat yang menggunakan angkutan kereta api," kata Faik dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis. 

Baca juga: Pantai Glagah, Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi usai Mendarat di YIA

Apabila sudah beroperasi, maka calon penumpang yang naik kereta dari Kota Yogyakarta hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 36 menit untuk tiba di bandara.

Selain KA bandara, calon penumpang pesawat juga bisa menggunakan moda transportasi lainnya, antara lain bus DAMRI dan taksi.

Baca juga: Pilihan Wisata Dekat Bandara YIA, Kalibiru hingga Kedung Pedut

"Kami berharap ini dapat memberikan kemudahan kepada pengguna jasa bandara, setidaknya ada alternatif jarak tempuh, waktu, dan jenis moda transportasi," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com