Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Selamat Tahun Baru Islam dalam 3 Bahasa, Pas untuk Dibagikan di Media Sosial

Kompas.com - 10/08/2021, 11:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Tahun ini, Tahun Baru Islam yang jatuh pada 10 Agustus 2021 tengah dirayakan seluruh umat Muslim di dunia.

Di Indonesia sendiri perayaan ini merupakan hari libur nasional, meski saat ini pemerintah menggeser tanggalnya menjadi 11 Agustus.

Baca juga: Tradisi Perayaan Satu Suro di Pura Mangkunegaran Surakarta

Dalam merayakannya, salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan bertukar kalimat ucapan. Entah itu kepada keluarga, sanak saudara, atau teman-teman.

Dosen Komunikasi dan Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Komunikasi dan Media (P2KM) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Deden Mauli Darajat mengatakan, ucapan Selamat Tahun Baru Islam biasa diucapkan sebagai ungkapan dan doa.

“Belakangan kebiasaan mengucapkan Tahun Baru Islam mulai menyeruak. Ucapan Selamat Tahun Baru Islam mengingatkan kita bahwa hidup selalu dinamis,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: Pura Mangkunegaran Kembali Tiadakan Kirab Pusakadalem Tahun 2021

Adapun, ucapan dan doa Tahun Baru Islam tidak hanya menjadi kebiasaan. Menurutnya, aktivitas tersebut juga memiliki makna tersendiri bagi pemberi ucapan dan yang menerimanya.

Ucapan Selamat Tahun Baru Islam, kata Deden, bermakna bahwa seseorang harus bisa berubah menjadi yang lebih baik di tahun yang baru.

“Jika tahun sebelumnya banyak kekurangan, maka di tahun baru harus berubah menjadi lebih baik. Jika ada kegagalan, menjadi pengingat untuk bangkit dan tetap berjuang seraya mengharap ridha Allah,” jelasnya.

Baca juga: Ritual Pencucian Keris Saat Bulan Suro pada Masyarakat Jawa

Lebih lanjut, Tahun Baru Islam menurutnya juga memiliki makna Hijriah atau Hijrah, yang mana kata tersebut memiliki makna “pindah”. Saat memasuki Tahun Baru Islam, seorang Muslim harus berubah dari keburukan menuju kebaikan.

Selain itu, hijrah juga bermakna keluar dari kegelapan, kebodohan, dan kemunduran untuk beralih menuju cahaya ilmu, penerang, dan kemajuan.

Sejumlah warga mengikuti pawai obor di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (20/9/2017). Pawai tersebut digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah.ANTARA FOTO/MAKNA ZAEZAR Sejumlah warga mengikuti pawai obor di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (20/9/2017). Pawai tersebut digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah.

Ucapan Selamat Tahun Baru Islam dalam 3 Bahasa

Apabila ingin memberikan ucapan Selamat Tahun Baru, kamu bisa melakukannya dalam tiga bahasa yakni sebagai berikut, Selasa (10/8/2021):

Bahasa Indonesia

  1. Puji dan syukur kepada Allah yang memiliki semua yang ada di langit dan bumi. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H!
  2. Selamat Tahun Baru Islam. Semoga Islam semakin memberi cahaya peradaban di tengah masyarakat dunia
  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami mengucapkan, Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H. Semoga kita semua dapat Hijrah menuju kehidupan dan amal yang lebih baik
  4. Selamat Tahun Baru Islam 1443 H. Semoga semakin bertambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT
  5. Selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriah. Semoga dengan semangat Hijrah kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk umat manusia. Kullu am wa antum bikhair

Baca juga: 5 Tradisi Peringatan Satu Suro di Jawa, Ada Sedekah Laut

Bahasa Inggris

  1. On the auspicious day of Muharram, may Allah bless you with health, wealth, peace, and happiness! May all the praises and thanks be to Alla to whom belongs all that is in heavens and in the earth. Have a blessed Muharram (Pada hari 1 Muharram ini, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, kekayaan, kedamaian, dan kebahagiaan! Puji dan syukur kepada Allah yang memiliki langit dan bumi)
  2. May Allah Almighty shower his blessings on the Muslim Ummah all over the world. Happy new Hijri year 1443 Mubarak (Semoga Allah SWT memberikan berkahnya pada Umat Muslim di seluruh dunia. Selamat Tahun Baru Islam 1443 H)
  3. Wishing you and your family a New Year full of peace, happiness, and abundance of all. May Allah bless you throughout the New Year. Muharram Mubarah! (Semoga Anda dan keluarga Anda mendapat Tahun Baru yang penuh kedamaian, kebahagiaan, dan kelimpahan semua. Semoga Allah merahmati Anda sepanjang Tahun Baru. Selamat Tahun Baru Islam!)
  4. As the Hijri New Year begins, let us pray that it will be a year full of peace and happiness. May Allah bless you throughout the New Year (Saat Tahun Baru Islam dimulai, marilah kita berdoa semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh kedamaian dan kebahagiaan. Semoga Allah memberkati Anda sepanjang Tahun Baru ini)
  5. I pray for your and your family’s happiness and well-being. May you all have an amazing year ahead. Happy New Hijri Year! (Saya berdoa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan Anda dan keluarga Anda. Semoga Anda semua memiliki tahun yang luar biasa. Selamat Tahun Baru Islam!)

Baca juga: Sejarah Peringatan Satu Suro yang Diadakan Sejak Kerajaan Mataram Islam

Bahasa Arab

  1. Kullu ‘aamin wa anta bi khoir atau Fii kulli ‘aamin wa anta bi khoir (Setiap tahun, semoga Anda dalam kebaikan). Selamat Tahun Baru Islam 1443 H

Kalimat di atas dapat dijawab sebagai berikut:

Wa anta kadzalik, nas’alulloha lana wa laka kulla khoir (Semoga Anda juga demikian, kami memohon segala kebaikan kepada Allah untuk kami dan untuk Anda).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com