Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan Buka Lagi, Kuota Dibatasi 25 Persen

Kompas.com - 13/08/2021, 19:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) membuka kembali seluruh jalur pendakian secara terbatas pada 10-16 Agustus 2021.

Humas Balai TNGC Agus Yudantara mengatakan, pembukaan hanya dilakukan untuk wilayah Kabupaten Kuningan saja dengan kuota pendakian dibatasi maksimal 25 persen.

“Iya dibuka (jalur pendakiannya), kuota 25 persen khusus Kuningan dari 10-16 Agustus,” jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Baca juga:

Untuk diketahui, Gunung Ciremai memiliki tiga jalur pendakian resmi di Kabupaten Kuningan yakni Palutungan, Linggasana, dan Linggajati.

Menurut keterangan dari Agus, saat ini kuota pendakian untuk Linggajati dan Palutungan untuk tanggal 14-16 Agustus sudah habis.

“Linggasana kuota sudah habis tanggal 15 dan 16 Agustus. Tinggal tanggal 14 Agustus masih ada 30-an lagi,” tuturnya.

Meski jalur pendakian via Kabupaten Kuningan sudah dibuka kembali, lain halnya dengan jalur pendakian via Kabupaten Majalengka yakni Apuy yang masih ditutup hingga 16 Agustus.

Baca juga:

Hal ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Bupati Majalengka Nomor 443.1/1226/BPBD tentang Perpanjangan Kedua Pelaksanaan PPKM Level 3 Covid-19 di Wilayah Kabupaten Majalengka.

SE yang keluar pada Selasa (10/8/2021) ini menyatakan, aktivitias dan kegiatan pada fasilitas umum masih ditutup untuk sementara waktu.

Adapun, fasilitas umum mencakup area publik, taman umum atau alun-alun, tempat wisata umum, tempat wisata ziarah, objek daya tarik wisata alam maupun buatan (termasuk yang melayani kemah, bumi perkemahan, serta minat khusus), pasar kaget desa, atau area publik lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com