Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Siap Dibuka jika Ada Arahan dari Pusat

Kompas.com - 16/08/2021, 09:11 WIB
Andi Hartik,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Kawasan Taman Nasional (TN) Bromo, Tengger, dan Semeru masih tertutup untuk aktivitas wisata.

Hal ini berkaitan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berubah menjadi PPKM Level 4.

Belum pasti kapan akses ke kawasan wisata itu akan kembali dibuka. Meski begitu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) selaku pengelola kawasan selalu siap dengan operasionalisasi aktivitas wisata.

"Untuk personel dan sarpras (sarana prasarana) pendukung seperti salah satunya booking online, saya kira kita sudah siap," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada BB TNBTS, Sarif Hidayat, Minggu (15/8/2021).

Baca juga:

Saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait aktivasi kembali kegiatan wisata di kawasan tersebut.

Hal itu karena pembukaan aktivitas wisata bergantung pada kebijakan pemerintah pusat yang menerapkan PPKM untuk pengendalian kasus pandemi Covid-19 di berbagai daerah. Salah satunya di Malang, Jawa Timur, yang menjadi penyanggah kawasan TNBTS.

KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber air bersih bagi pendaki Gunung Semeru.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber air bersih bagi pendaki Gunung Semeru.

"Hanya saja, untuk kebijakan atau arahan mengenai wisata kita masih menunggu arahan atau petunjuk selanjutnya," katanya.

Selama ditutup, petugas tetap berjaga di seluruh pintu masuk menuju kawasan itu. Penjagaan ini untuk memastikan tidak ada wisatawan yang nekat masuk.

"Selama penutupan ini teman-teman di pintu masuk tetap berjaga atau siaga atau standby 24 jam dibantu relawaan dan mitra," katanya.

Baca juga:

Kawasan Gunung Bromo, Tengger, dan Semeru merupakan salah satu dari 10 tempat wisata prioritas di Indonesia. Banyak spot wisata alam yang bisa dikunjungi ketika wisatawan berada di kawasan itu.

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, PPKM Level 4 diperpanjang hingga hari ini, Senin (16/8/2021). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com