Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Berkepanjangan, Pelaku MICE Minta Kejelasan Kapan Event Bisa Berjalan

Kompas.com - 20/08/2021, 11:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Salah satu usaha pariwisata yang terdampak PPKM Level 2 sampai 4 adalah MICE atau meeting, incentive, conference/convention, and exhibition/event.

Sebab, pemerintah Indonesia masih membatasi penyelenggaraan acara, seperti pameran, konser, atau seminar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) Hosea Andreas Runkat mengatakan, para pelaku MICE termasuk di Jakarta sudah siap dengan segala protokol kesehatan.

Baca juga: Sektor Pariwisata dan MICE di Jakarta Bisa Segera Dibuka asalkan...

“Semua sudah on the right track, cuma tinggal tunggu waktu kira-kira kapan akan dibuka (PPKM Level 4),” jelasnya dalam webinar bertajuk “Kesiapan Tempat Wisata, Horeka, dan Event Pada Pengunjung Tervaksin di Jakarta dan Sekitarnya” pada Kamis (19/8/2021).

Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) Dino Hamid yang turut hadir dalam webinar juga mengatakan hal yang sama.

Jika Jakarta dan beberapa daerah lainnya masih masuk dalam PPKM Level 4, dia meminta agar pemerintah memberi kejelasan pada PPKM level berapa pelaku MICE bisa bergerak.

Ilustrasi pameran modifikasi.Istimewa Ilustrasi pameran modifikasi.

“Di level PPKM berapa kita bisa beraktivitas kembali? Event, konser, dan pertunjukan. Jadi bisa tahu kalau ada pengumuman PPKM Level 4, 3, atau 2, jadi bisa kita rencanakan,” tutur Dino.

Untuk saat ini, dia mengungkapkan bahwa pihaknya hanya bisa berharap sambil menanti informasi yang lebih jelas seputar level PPKM untuk penyelenggaraan acara.

“Kalau informasinya sudah diterima, kita bisa bantu untuk sosialisasikan juga karena kita berhubungan sama banyak sektor, terutama sektor pendukung seperti komersial,” katanya.

Baca juga: Pelaku MICE Wajib Patuhi Protokol Kesehatan CHSE, Ada Sertifikasi

Sementara itu, Hosea menuturkan jika PPKM Level 4 belum dicabut, setidaknya pemerintah memberi klasifikasi merinci terkait acara apa yang bisa dilakukan jika diizinkan.

Misalnya adalah penyelenggaraan MICE pada daerah dalam kategori PPKM Level 4 hanya bisa dilakukan pada titik dengan risiko rendah Covid-19.

“Paling tidak kalau di PPKM Level 4, dalam zona seperti apa sudah bisa berjalan, dan dengan kondisi apa. Kalau dari risiko rendah Covid-19, jumlah orangnya seperti apa. Itu bisa dijalankan kalau memungkinkan dibuka,” jelas Hosea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com