Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan KTT G-20, Labuan Bajo Diminta Siapkan Paket Wisata Tematik

Kompas.com - 30/08/2021, 21:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Indonesia resmi menjadi tuan rumah untuk perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 pada tahun 2022.

Melansir Kompas.com, Jumat (18/6/2021), Presiden Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sejumlah kegiatan acara tersebut akan digelar di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya diminta untuk mempersiapkan side event KTT G-20.

“Melalui pertemuan yang dipimpin Sekjen Kemendag, disebutkan bahwa dalam side event ini ada 11 Working Group,” kata dia dalam Weekly Press Briefing virtual, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Itinerary Wisata 5 Hari 4 Malam di Labuan Bajo, Alam sampai Budaya

Adapun, Kemenparekraf menjadi penanggung jawab tiga Working Group yakni Tourism Working Group, International Financial Architecture Working Group, dan Sustainable Finance Working Group.

Melalui Hasil Rapat Pengembangan dengan Kemenkomarves pada 5 Agustus 2021, Sandiaga mengatakan bahwa pihaknya juga diminta menyiapkan paket wisata tematik untuk kebutuhan pre-tour dan post-tour.


“Badan Pariwisata Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah menyusun konsep paket wisata tematik. Kami juga tengah mengidentifikasi tema-tema paket wisata untuk destinasi G-20 lainnya,” jelas Sandiaga.

Persiapan lain yang tengah dilakukan di Labuan Bajo sebagai salah satu lokasi rangkaian KTT G-20 adalah pemeriksaan rekomendasi tempat wisata, venue, dan akomodasi para delegasi acara tersebut.

Baca juga: Sandiaga: Labuan Bajo Destinasi Investasi yang Seksi...

Fasilitas MICE di Labuan Bajo

Guna membuat wisatawan MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) nyaman, dalam hal ini para tamu KTT G-20, Sandiaga menyebutkan bahwa fasilitas MICE di Labuan Bajo terus bertambah.

Adapun, hal ini lantaran makin banyak proyek infrastruktur yang tengah dibangun di salah satu dari lima destinasi super prioritas tersebut.

Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan wisatawan menikmati wisata Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan wisatawan menikmati wisata Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.

Berbicara tentang infrastruktur, dirinya mengatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan aksesibilitas, konektivitas, juga sarana dan prasarana di Labuan Bajo.

Baca juga: Labuan Bajo NTT PPKM Level 3, Ada Penyekatan di Bandara Komodo

“Agar Labuan Bajo siap menjadi tuan rumah kedua bagi perhelatan agenda dunia selain Bali. Pembangunan infrastruktur dipastikan tidak mengabaikan ekosistem lingkungan,” tegas Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com