Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Indramayu Boleh Buka, Cek Syarat Berkunjungnya

Kompas.com - 01/09/2021, 21:30 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Tempat wisata di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah kembali dibuka untuk umum.

Hal ini karena Indramayu masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Jumlah pengunjung pun dibatasai 25 persen dari kapasitas.

"Kita sudah mulai membuka tempat wisata yang ada di Indramayu," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara di Indramayu, Rabu (1/9/2021) seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 8 Makanan Khas Indramayu yang Siap Menggoyang Lidah

Deden mengatakan dengan masuknya Kabupaten Indramayu ke PPKM level 2, maka ada beberapa kegiatan masyarakat yang sudah diperbolehkan kembali, salah satunya tempat wisata.

Sebelumnya, saat PPKM level 4 dan 3 Pemkab Indramayu tidak memperbolehkan pembukaan tempat wisata, guna meminimalkan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, setelah masuk PPKM level 2, maka Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu kembali memperbolehkan pengoperasian tempat wisata.

Baca juga: Hilangkan Penat Saat Mudik, Mampir ke Dua Pantai Cantik di Indramayu

Pemandangan saat matahati terbenam di Pantai Tirtamaya, IndramayuSetyo Adi Nugroho Pemandangan saat matahati terbenam di Pantai Tirtamaya, Indramayu

Syarat berwisata di Indramayu

"Tapi untuk pengunjung kita batasi 25 persen dari kapasitas," ujar Deden.

Namun, kata Deden, untuk obyek wisata buatan khususnya permainan air, masih tidak diperkenankan beroperasi, sampai peraturan baru keluar.

Selain itu, wisatawan juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk berwisata. 

Pada aplikasi itu juga sudah terintegrasi dengan sertifikat vaksinasi, sehingga wisatawan tidak perlu repot membawa surat vaksinasi sebagai bukti sudah divaksin.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Terbaru Naik Pesawat, Simak Ketentuannya

Penurunan kasus Covid-19

Deden mengatakan saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu mengalami penurunan, begitu juga untuk kapasitas tempat tidur di ruang isolasi.

"Kasus kematian menurun, angka kesembuhan kita juga sudah naik dan kapasitas tempat tidur BOR (Bed Occupancy Rate) rendah," katanya. (Khaerul Izan/Risbiani Fardaniah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com