Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Kelimutu NTT Kembali Dibuka untuk Turis

Kompas.com - 08/09/2021, 09:35 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Taman Nasional (TN) Kelimutu di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah dibuka kembali untuk wisatawan sejak 4 September 2021, setelah tutup selama hampir sebulan. 

Kepala Balai TN Kelimutu, Hendrikus Rani Siga, menjelaskan bahwa tempat wisata tersebut dibuka lantaran Kabupaten Ende berstatus PPKM Level 3. 

"Berdasarkan surat rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Ende dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 37 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, dan Level 1, serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 yang menyebutkan bahwa Kabupaten Ende turun level menjadi level 3, maka kami sampaikan bahwa kunjungan wisata ke Taman Nasional Kelimutu dibuka pada tanggal 4 September 2021," terang Hendrikus, Selasa (7/9/2021). 

Baca juga:

Meski sudah dibuka, lanjut dia, jumlah pengunjung ke Kelimutu tetap dibatasi sesuai aturan PPKM Level 3, yakni sebesar 50 persen.

Pengunjung yang datang wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan melakukan booking online.

Mereka juga diimbau untuk tetap memperhatikan keamanan dan kebersihan di kawasan wisata TN Kelimutu.

"Apabila terjadi peningkatan kembali pandemi Covid-19 di Kabupaten Ende, maka pembukaan Taman Nasional Kelimutu ini akan ditinjau kembali," katanya.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (21/9/2020), salah satu daya tarik TN Kelimutu adalah Danau Tiga Warna yang indah dan penuh cerita. Selain itu, kawasan tersebut memiliki bangunan pesanggrahan yang didirikan pada zaman penjajahan Belanda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com