Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Ancol Bakal Buka, Pengunjung Wajib Sudah Vaksin

Kompas.com - 09/09/2021, 12:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, merupakan salah satu dari 20 tempat wisata yang direkomendasikan untuk beroperasi kembali dalam uji coba pembukaan kawasan rekreasi.

Menurut keterangan persnya, Kamis (9/9/2021), hal itu berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1072 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Ancol Buka Lagi Khusus untuk Olahraga, tetapi Dilarang Berenang di Pantai

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menyambut baik kabar tersebut, dan telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari peningkatan protokol kesehatan hingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi

“Sambil menunggu keputusan beroperasi kembali, kami terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait seperti Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI),” ungkap Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali.

Baca juga: Ikut Vaksinasi Bisa Dapat Tiket Gratis Masuk Ancol, Ini Caranya

Mereka juga berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Disparekraf DKI Jakarta.

Lewat komunikasi dan koordinasi yang terus berjalan, saat pembukaan kembali kawasan wisata yang sudah diizinkan melalui tahap uji coba, pihak Ancol akan sudah siap secara standarisasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dan berbasis aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Greysia Polii/Apriyani Rahayu Dapat Hadiah Gratis Masuk Ancol Seumur Hidup

Saat uji coba dimulai, terdapat sejumlah syarat kunjungan yang perlu diketahui yakni sebagai berikut:

  • Wisatawan wajib sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi guna memudahkan proses screening awal penerapan testing, tracing, treatment
  • Pengunjung sudah harus divaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama
  • Pengunjung berusia di bawah 12 tahun belum bisa masuk ke kawasan Ancol

Pengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Sabtu (20/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka empat objek wisata di wilayah Ibu Kota pada fase pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Sabtu ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Sabtu (20/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka empat objek wisata di wilayah Ibu Kota pada fase pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Sabtu ini.

Untuk melakukan pengawasan dan pemantauan secara konsisten selama beroperasinya kawasan rekreasi Ancol, pihak tempat wisata akan menurunkan petugas yang bertindak sebagai satgas yang berpatroli di kawasan itu.

Sebagai informasi, seluruh unit rekreasi seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol dan Allianz Ecopark sudah dilengkapi dengan sertifikat CHSE, termasuk sejumlah restoran yang ada di dalamnya.

Baca juga: Wisata Virtual di Ancol, Wisatawan Bisa Naik Kapal Pinisi dan Gondola

Tidak hanya itu, seluruh karyawan dan petugas di Taman Impian Jaya Ancol juga sudah 100 persen divaksin Covid-19.

“Kami berharap proses uji coba dibukanya kawasan rekreasi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang sudah rindu liburan di Taman Impian Jaya Ancol. Untuk itu, marilah kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik agar aktivitas liburan menjadi aman dan menyenangkan," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com