Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Tanah Lot Bali, Melihat Sunset hingga Ular Suci

Kompas.com - 10/09/2021, 09:33 WIB
Aziza Zahwa Layla Madjid,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak Pura di Bali tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat berwisata.

itu karena masing-masing pura di Bali memiliki ciri khas dan keindahan panorama alam yang berbeda.

Salah satunya adalah pura Tanah Lot atau yang biasa dikenal dengan nama Daerah Tempat Wisata (DTW) Tanah Lot.

Baca juga: Tanah Lot dan Pantai Pandawa, Favorit Turis Saat Bali Buka Kembali

Pura ini memiliki keunikan, yaitu berada di tepi laut. Wisatawan juga dapat menikmati beberapa aktivitas wisata selama berkunjung ke Tanah Lot.

Aktivitas wisata di Tanah Lot

Selain Pura Luhur Tanah Lot, di Daerah Tempat Wisata (DTW) Tanah Lot juga terdapat beberapa pura lain seperti Pura Pakendungan dan Penataran.

Setelah mengunjungi pura-pura, wisatawan bisa menuju beberapa tempat menarik lainnya seperti Air Suci yang terletak berdekatan dengan Pura Luhur Tanah Lot.

Bagian Promosi Daerah Tempat Wisata Tanah Lot, Tiang Kadek Niti menjelasan bahwa air suci ini diyakini dapat mengusir aura negatif dalam diri dan menyembuhkan penyakit.

"Biasanya pengunjung meminta air suci ini untuk membasuh muka, tetapi hal ini kembali lagi ke keyakinan masing-masing" kata dia pada Kompas.com (9/09/2021).

Di depan Pura Luhur Tanah Lot juga terdapat ular suci yang dipercaya sebagai penjaga kawasan dari hal buruk. Banyak wisatawan yang mengunjungi ular suci ini untuk bisa memegangnya.

Tanah Lot juga terkenal akan pemandangan matahari terbenam atau sunset nya yang indah. Untuk menyaksikan matahari terbenam, wisatawan dapat menuju ke Sunset Terrace yang terletak di sebrang Pura Luhur Tanah Lot.

Baca juga: Ini Waktu Kunjungan Terbaik ke Merbabu View & Cafe, Bisa Lihat Sunset

"Tempat ini sangat strategis untuk menikmati sunset dan disini juga terdapat banyak warung makan yang memanjakan lidah" lanjut Tiang Kadek Niti.

Selain Sunset Terrace, wisatawan juga dapat menikmati sunset dan berfoto di area taman Enjung Galuh.

Berada di kawasan laut, wisatawan tentu bisa bermain di pantai yang berada Daerah Tempat Wisata Tanah Lot yaitu pantai Batu Bolong dan pantai Batu Mejan.

Tanah LotPIXABAY/DEZALB Tanah Lot

"Pantai Batu Bolong terletak di sebelah barat Pura Luhur Tanah Lot, untuk menuju pantai ini harus menyusuri jalan turun. Kalau pantai Batu Mejan, ada di sebelah barat pantai Batu Bolong, tapi jika ombak pasang tidak disarankan untuk ke dua pantai ini" ujar Tiang Kadek Niti.

Setelah puas berwisata, pengunjung bisa menikmati kuliner warung tradisional sampai restoran di kawasan DTW Tanah Lot. Kuliner yang terkenal di Daerah Tempat Wisata Tanah Lot antara lain rujak, tipat cantok, serta kue klepon.

Pengunjung juga dapat berbelanja beragam varian suvenir di pasar seni yang berada di kawasan Tanah Lot.

Rute dan Harga Tiket Tanah Lot

Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan atau sekitar 15 kilometer (km) dari Kota Tabanan.

Baca juga: Pantai Padang Betuah Bengkulu, Tempat Wisata yang Mirip Tanah Lot Bali

Untuk menuju Tanah Lot dari Kota Denpasar, kamu bisa menempuh jarak sekitar 20 kilometer (km) atau sekitaar 50 menit perjalanan melalui daerah Kerobokan lalu melewati Canggu dan Munggu.

Biaya masuk ke Tanah Lot mulai dari Rp 15.000 untuk anak domestik, Rp 20.000 untuk dewasa domestik dan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya mulai Rp 30.000 hingga Rp 60.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com