Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Camping di Bandung, Mencoba Glamping di The Lodge Maribaya

Kompas.com - Diperbarui 15/02/2022, 09:02 WIB
Shalika Rahma Kencana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandung adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di dataran tinggi. Karena itu, Bandung memiliki sejumlah tempat yang menarik untuk aktivitas camping atau berkemah.

Aktivitas ini cocok bagi wisatawan yang ingin melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari dengan menikmati suasana alam terbuka.  Berkemah juga dapat menjadi salah satu cara untuk menikmati quality time dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Baca juga: 4 Tempat Camping di Indonesia, Ada Kemah di Ranca Upas

Tempat camping di Bandung

Bagi kamu yang menyenangi aktivitas luar ruang, khususnya berkemah, beriktu sejumlah tempat camping di Bandung yang dapat menjadi pilihan:

1. Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata alam yang lokasinya sekitar satu setengah jam dari Kota Bandung. Tepatnya wisata alam ini terletak di Jalan Raya Ciwiday-Patengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Letaknya yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadikan suasana di Ranca Upas sejuk dan segar.

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, salah satu tempat camping di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.SHUTTERSTOCK/AKBARABAY Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, salah satu tempat camping di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Suhu udara di kawasan tersebut sekitar 17-20 derajat celcius. Tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan asri pegunungan untuk dinikmati para wisatawan.

Sebagai salah satu tempat camping di Bandung, sarana pelengkap di Ranca Upas juga terbilang cukup lengkap. Ada kamar mandi umum dan masjid, serta penangkaran rusa, pemandian air panas, dan persewaan ATV.

Baca juga: Wana Wisata Ranca Upas Bandung : Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tariknya

Mengutip Kompas.com, Senin (14/02/2022), harga tiket masuk Kampung Cai Ranca Upas mulai dari Rp 27.000 saja.

Namun, apabila ingin berkemah akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp15.000. Ada pula tenda Igloo yang bisa disewa pengunjung dengan tarif dari Rp 700.000 hingga Rp 900.000.

2. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat camping di Bandung selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Lokasi bumi perkemahan ini di Jalan Mekarsari , Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang terbagi menjadi tiga blok. Blok atas dan tengah merupakan bukit rerumputan. Namun, di blok atas terdapat rawa kering.

Blok bawah berada di pelataran rumput datar di tepi sungai. Tempat yang menjadi tempat camping favorit pengunjung adalah blok bawah.

Tempat kemah ini menyediakan area khusus Glamping atau Kemping Keluarga Eksklusif begi wisatawan yang ingin berkemah bersama keluarga tanpa repot membawa tenda dan peralatan kemah lainnya.

Tiket masuk ke Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang hanya seharga Rp 12.500 per orang.

Baca juga: Harga Paket Camping di Bumi Perkemahan Glagah Arum Lumajang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com