Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2021, 14:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggunakan Kereta Istimewa dari PT Kereta Api Pariwisata (KA Wisata) dalam kunjungannya ke Cirebon, Jawa Barat.

Mengutip keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (10/9/2021), dirinya memanfaatkan salah satu layanan KA Wisata dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada pukul 06.40 WIB.

Baca juga: 7 Fakta tentang Kereta Istimewa, Kereta Api Terbaru dari PT. KAI

“Kereta Istimewa ini menerapkan pilar yang kita dorong dalam pengembangan pariwisata ke depan yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Dia melanjutkan, Kereta Istimewa menghadirkan inovasi yang dapat menjadi atraksi bagi wisatawan yang bepergian dengan moda transportasi tersebut.

Lantas, seperti apa inovasi dan fasilitas yang tersedia dalam Kereta Istimewa dari KA Wisata?

Baca juga: Berwisata di Dalam Gerbong Kereta Istimewa ala Presiden

Fasilitas Kereta Istimewa dari KA Wisata

Kereta Istimewa yang ditumpangi Sandiaga memiliki dua gerbong yang dilengkapi desain interior modern dan beragam fasilitas penunjang.

Sebelumnya, dua rangkaian kereta ini difungsikan sebagai kereta inspeksi sebelum diubah menjadi kereta komersial dan dijalankan secara khusus sebagai Kereta Luar Biasa (KLB).

Kereta Istimewa dari PT Kereta Api Pariwisata.dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kereta Istimewa dari PT Kereta Api Pariwisata.

Setiap rangkaian memiliki berbagai fasilitas yang terdiri dari ruang masinis pada bagian depan dan belakang rangkaian dan ruang utama dengan satu sofa.

Kemudian ruang utama dengan dua tempat duduk yang menghadap ke depan, meja rapat, delapan tempat duduk di belakang ruang masinis, mini bar atau pantry, bagasi, mushala, dan toilet.

Baca juga: Unik, Penginapan di Jateng Ini Bawa Tamunya Pakai Kereta Wisata

Dihubungi secara terpisah, Humas KA Wisata Ilud Siregar mengatakan bahwa terdapat beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan oleh penumpang.

“Pelanggan dapat menikmati sajian kuliner asli lokal di atas kereta selama perjalanan, menjelajah spot wisata yang terdapat di sepanjang jalur KA, dan mendapat pengalaman wisata sejarah dengan KA,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Kereta Istimewa dari PT Kereta Api Pariwisata.dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kereta Istimewa dari PT Kereta Api Pariwisata.

Terkait wisata sejarah, dia mengatakan bahwa wisatawan akan ditemani oleh interpreter yang menceritakan sejarah perkeretaapian. Beberapa topik menarik yang akan disajikan adalah stasiun unik, serta terowongan KA yang memiliki nilai historis.

Baca juga: Masyarakat Kini Suka Mudik Naik Kereta Wisata, Ini Faktanya

“Perjalanan wisata dengan Kereta Istimewa menawarkan pengalaman wisata yang sangat menarik dan beyond journey. Suatu kebanggan tersendiri bagi KA Wisata dapat mengelola KLB Kereta Istimewa dengan standar VIP,” tutupnya.

Layanan dan fasilitas yang sesuai tren wisata

Menurut Sandiaga, fitur dan layanan yang dihadirkan dalam Kereta Istimewa sesuai dengan tren wisata ke depan, yaitu customize, localize, personalize, dan smaller in size.

Selain itu, Kereta Istimewa juga hadir dengan format khusus, serta jarak dan waktu tempuh yang tidak jauh.

Baca juga: Kereta Wisata Baru di Solo, Lokomotif Uap Kuno Berusia Hampir 1 Abad

Kapasitas kereta juga terbatas maksimal 40 penumpang, sehingga membuat perjalanan terasa lebih personal.

“Kereta Istimewa ini juga menerapkan pilar kedua yaitu adaptasi terhadap kondisi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” tutur Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com