Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Batasan Usia, Taman Rekreasi Selecta di Batu Tidak Jadi Dibuka

Kompas.com - 12/09/2021, 17:03 WIB
Andi Hartik,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu, Jawa Timur belum dibuka meski pemerintah pusat mengizinkan tempat wisata uji coba buka di daerah PPKM level 3.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi mengatakan, terdapat dua poin aturan yang menyebabkan pihaknya memutuskan untuk tidak beroperasi terlebih dahulu, yakni batasan usia wisatawan dan aturan wahana air belum boleh buka.

Sujud mengatakan, aturan itu memberatkan karena berpotensi banyak wisatawan yang akan gagal masuk. Sebab, Taman Rekreasi Selecta merupakan tempat wisata keluarga. Tidak sedikit wisatawan membawa anaknya.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Sekitar Alun-alun Batu, Ada Museum Tubuh

"Ternyata uji coba di PPKM level 3 ini ada tambahan syarat aturan. Yang boleh masuk hanya usia 12 tahun sampai 70 tahun," kata Sujud, Minggu (12/9/2021).

Pihaknya pun mempermasalahkan anak usia di bawah 12 tahun yang tidak boleh masuk karena membuat banyak wisatawan enggan berkunjung.

Wahana air yang masih belum boleh beroperasi

Di sisi lain, Selecta juga memiliki wahana air yang menjadi atraksi utama selain taman bunga. Sedangkan pada pembukaan uji coba PPKM level 3, wahana air belum boleh dibuka.

"Jadi kolam renang, water park tidak boleh buka. Ini tambah menyulitkan bagi kami karena pasti akan ada protes," katanya.

Suasana pengunjung di lokasi wisata Selecta, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (16/7/2017). Selama libur sekolah, kunjungan wisatawan di lokasi itu meningkat tajam.KOMPAS.com / Andi Hartik Suasana pengunjung di lokasi wisata Selecta, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (16/7/2017). Selama libur sekolah, kunjungan wisatawan di lokasi itu meningkat tajam.

Karena alasan itu, pihaknya memutuskan untuk tidak buka terlebih dahulu daripada ada masalah dengan wisatawan.

Sujud mengatakan, pihaknya menunggu level PPKM di Kota Batu turun ke level 2. Menurutnya, batasan usia wisatawan pada PPKM level 2 tidak ada lagi. Wahana air juga diperbolehkan buka.

Baca juga: Awal 2021, Kunjungan ke Wisata Selecta di Kota Batu Masih Rendah

"Banyak wisatawan yang datang di depan. Tapi kita memutuskan untuk tutup. Kami menunggu PPKM level 2," katanya.

Diketahui, Taman Rekreasi Selecta Kota Batu merupakan salah satu tempat wisata yang lolos verifikasi pembukaan uji coba di PPKM level 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com